Dark/Light Mode

Sukur Sayangkan Pernyataan Gubernur Edy Soal Festival Danau Toba

Selasa, 14 Januari 2020 19:05 WIB
Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Sukur H Nababan.
Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Sukur H Nababan.

RM.id  Rakyat Merdeka - DPR menyayangkan pernyataan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi yang akan meniadakan kegiatan Festival Danau Toba di tahun 2020. Alasannnya, Festival Danau Toba belum berhasil mendatangkan wisatawan ke Danau Toba.
 
“Alasan yang disampaikan Gubernur Sumut di beberapa media bahwa kegiatan FDT tidak bermafaat sangat tidak arif sebagai seorang pemimpin di daerah. Harusnya, Festival itu dijaga dan lestarikan sebagai budaya masyarakat asli yang ada di Danau Toba,” kata Anggota Komisi V DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Sukur H Nababan di Jakarta, Selasa (14/1).

Menurutnya, sepinya pengunjung seharusnya pemda tidak menyalahkan festivalnya. Tetapi sebaliknya, pemda harus melakukan koreksi dan memperbaiki pelaksanaannya menjadi salah satu kegiatan untuk melestarikan budaya di Danau Toba, menjadi aset daerah yang bisa go internasional.

Baca juga : Berhasil Kelola Lingkungan, Pertagas Sabet Proper Emas Dari KLHK

"Jangan malah mengganti Festival Danau Toba dengan kegiatan olahraga modern yang bukan akar budaya masyarakat di Danau Toba. Harusnya, Festival Danau Toba ditingkatkan fungsinya untuk dorong pariwisata dan promosi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Seperti kata Bung Karno, ‘Setialah Pada Sumbermu," ujar Sukur

Politisi batak ini mengaku, sudah berkoordinasi dengan Bupati dan Anggota Fraksi PDI Perjuangan di Sumut, untuk menjaga Festival Danau Toba.

Baca juga : Lakukan Pengobatan Gratis, RSGM FKG Usakti Kebanjiran Pasien

"Saya sudah koordinasikan dengan Bupati dan Fraksi di Sumut, untuk terus mendukung pelaksanaan FDT ini agar bisa terus terlaksana," tegas Sukur, yang juga Ketua DPP PDI Perjuangan. 

Sebelumnya, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengatakan, pihaknya memutuskan untuk tidak menggelar Festival Danau Toba di 2020. Alasannya, festival tersebut dianggap tidak bermanfaat untuk mendatangkan wisatawan ke Danau Toba. 

Baca juga : Astra Gelar Festival Hingga Delapan Hari Di Bangka

Mantan Pangkonstrad TNI ini mengusulkan untuk mengganti Festival Danau Toba dengan bentuk acara yang lebih bisa mendongkrak wisata di danau tersebut. [FIK]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.