Dark/Light Mode

Catat 475 Kasus, Italia Cetak Rekor Kematian Tertinggi Akibat Covid-19

Kamis, 19 Maret 2020 08:21 WIB
Foto: AFP via Getty Images
Foto: AFP via Getty Images

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Italia melaporkan 475 kasus positif Corona pada Rabu (18/3). Ini adalah angka kematian harian tertinggi yang diumumkan negara-negara terdampak Corona di seluruh dunia, sejak kasus tersebut berjangkit untuk pertama kalinya di China pada akhir 2019.

Rekor kematian tertinggi pada Minggu (15/3), sebelumnya juga dipegang Italia dengan jumlah 368.

Saat ini, total angka kematian akibat Corona di Italia telah mencapai angka 2.978. Angka ini telah melampaui lebih dari setengah angka kematian yang dilaporkan oleh negara-negara di luar China.

Baca juga : Jerman Laporkan 2 Kasus Kematian Pertama Akibat Virus Corona

Italia yang berpenduduk 60 juta jiwa, menyumbang 34,2 persen angka kematian akibat Covid-19 di seluruh dunia. Sementara jumlah kasus terinfeksi di negara Mediterania itu, telah tembus angka 35.713.

Dalam situasi memasuki pekan kedua lockdown, pejabat Italia meminta warga setempat untuk tetap memiliki keyakinan dan kekuatan bahwa badai ini akan segera berlalu.

"Satu hal yang penting, jangan menyerah. Perlu waktu untuk melihat hasil kerja keras kita," ujar Kepala Institut Kesehatan Nasional Italia, Silvio Brusaferro dalam konferensi pers yang ditayangkan stasiun TV, Rabu (18/3).

Baca juga : Bahas Dampak Corona, OJK Kumpulin Petinggi Perbankan

Sejak lockdown pada 12 Maret lalu, mayoritas aktivitas bisnis di Italia dan acara pertemuan publik dalam skala besar disetop sampai tanggal 25 Maret mendatang.

Namun, penutupan sekolah-sekolah dan event olahraga yang menghadirkan kerumunan fans, berlangsung sampai tanggal 3 April mendatang. Penutupan sekolah kabarnya akan diperpanjang sampai bulan depan.

Dua pertiga dari angka kematian di Italia, sebanyak 1.959 kasus, dilaporkan terjadi di Lombardy, kota di wilayah utara Italia yang lokasinya berdekatan dengan Milan - pusat keuangan dan mode di Negeri Pizza -.

Baca juga : Setelah AS dan Australia, Thailand Laporkan Kematian Pertama Akibat Corona

Sementara 458 angka kematian terjadi di Emilia-Romagna (Bologna), 154 di Piedmont (Turin), dan 32 di Lazio (Roma). [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.