Dark/Light Mode

Duta Besar Indonesia untuk Iran Octavino Alimudin

Alhamdulillah WNI Di Negeri Mullah Sehat

Jumat, 3 April 2020 08:29 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Iran Octavino Alimudin. (Foto KBRI Teheran)
Duta Besar Indonesia untuk Iran Octavino Alimudin. (Foto KBRI Teheran)

RM.id  Rakyat Merdeka - Iran masih menjadi juara kedua di Asia kasus positif Covid-19 terbanyak. Berdasarkan worldometers.info Kamis pagi (2/4), Iran memiliki 44.605 kasus positif dengan 2.898 kematian. Meski angka ini cukup mengkhawatirkan, Duta Besar Indonesia untuk Iran Octavino Alimudin mengatakan seluruh warga negara Indonesia /WNI yang ada di Negeri Mullah itu sehat semua.

“Saat ini, seluruh WNI di Iran dalam kondisi baik,” ujar Octavino Alimudin dalam pernyataan resminya, Rabu (1/4).

Ada sekitar 439 WNI di Iran. Mereka diminta mengikuti anjuran pemerintah setempat untuk menjaga jarak dan tidak melakukan aktivitas luar ruangan.

Baca juga : Perangi Covid-19, Rasakan Penderitaan Indonesia

Untuk mengurangi penyebaran Covid-19 di Iran, lanjut Octavino Alimudin, Pemerintah Iran meliburkan kegiatan pendidikan, menghentikan pertunjukan seni, budaya, dan meniadakan pertandingan olahraga serta kegiatan yang bersifat pengumpulan massa.

“Sejak 28 Maret pemerintah juga menutup pusat keramaian seperti mall, rumah makan, kafe, tempat olahraga dan taman kota yang sering digunakan warga Iran untuk berkumpul bersama keluarga,” terangnya.

Pemerintah Iran juga sudah lebih tegas dalam melarang mobilitas warga antarkota. “Meski masih dimungkinkan keluar kota, namun warga dilarang untuk berkunjung atau transit di kota yang bukan merupakan tujuan mereka,” lanjutnya.

Baca juga : Alhamdulillah, 163 WNI di Ethiopia Sehat Walafiat

Warga juga diimbau untuk tetap berada di rumah dan tidak keluar rumah jika tidak ada hal yang mendesak. “Suasana kota Teheran yang biasanya padat seperti Jakarta, saat ini juga lengang karena tidak banyak orang dan kendaraan yang melintas,” ujarnya.

Octavino Alimudin mengatakan, pelayanan bagi WNI tetap diberikan. KBRI Teheran dengan Posko Aju yang berada dekat bandara internasional di Teheran hingga saat ini membantu pengurusan dokumen (keimigrasian dan dokumen kesehatan) dan pendampingan bagi WNI yang akan kembali ke Indonesia.

Bagi WNI yang masih tetap di Iran, pelayanan seperti perpanjangan paspor, legalisasi dokumen tetap dilakukan. Mereka dapat datang ke KBRI dengan pemberitahuan sebelumnya atau jika mereka tidak dapat ke Teheran, seluruh dokumen dapat disampaikan melalui pos.

Baca juga : Gelar Festival Hidangan Nusantara Diiringi Alunan Gamelan Sunda

Melalui Twitter, Menteri Kesehatan Iran Kianush Jahanpur mengatakan wabah Covid-19 membunuh satu orang setiap 10 menit di Iran. Dan setiap satu jam sekitar 50 orang tertular virus tersebut. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.