Dark/Light Mode

Pemimpin Misterius

Kim Jong-un Dalam Masa Penyembuhan Usai Operasi Jantung

Selasa, 21 April 2020 11:51 WIB
Kim Jong-un menjalani masa penyembuhan di resort Gunung Kumgang, Korea Utara. (Foto AFP)
Kim Jong-un menjalani masa penyembuhan di resort Gunung Kumgang, Korea Utara. (Foto AFP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dikabarkan dalam masa penyembuhan di sebuah vila di resort Gunung Kumgang, Hyangsang. Ia dibawa ke sana setelah menjalani prosedur operasi jantung  pada 12 April lalu.

Kabar ini muncul setelah Kim tidak terlihat dalam acara peringatan Hari Ulang Tahun kakeknya, pendiri Korea Utara, Kim Il-sung pada 15 April lalu.

Baca juga : Senator Minta Pembahasan RUU Cipta Kerja Tidak Dilanjutkan

Peringatan ulang tahun kakek Kim merupakan hari libur nasional. Perayaannya wajib dihadiri semua petinggi negara. Warga Korut pun wajib memberikan penghormatan. Namun, perayaan kali ini minus dengan kehadiran Kim.

Berdasarkan laman Daily NK, yang dibuat dan dijalankan warga Korea Utara yang membelot, disebutkan, Kim tengah menjalani masa penyembuhan usai dirawat di rumah sakit. Berita ini mengutip sumber anonim. 

Baca juga : Kapal Pesiar Misterius Melintas di Perairan Raja Ampat, Ini Penjelasan Kemenhub

Mencari info mengenai kesehatan Kim sangat sulit bagi media luar. Sehingga desas-desus mengenai kesehatan Kim pun sulit dikonfirmasi. Kementerian Unifikasi Korea juga enggan mengomentari kabar mengenai Kim.

Disebut Reuters mengutip Daily NK, Selasa (21/4), kesehatan Kim sudah memburuk beberapa bulan belakangan karena kebiasaannya merokok, berat badan yang berlebihan dan terlalu banyak bekerja.

Baca juga : BI Dorong Peran Industri dalam Mengembangkan Open Banking

"Setahu saya dia memang tengah mengalami masalah jantung sejak Agustus lalu. Kondisinya makin buruk setelah berkali-kali mengunjungi Gunung Paektu," ujar sumber kepada Daily NK. 

Pada 11 April lalu Kim disebut pergi ke rumah sakit setelah melakukan rapar dengan Politbiro Partai Pekerja. Itu adalah kali terakhir Kim terlihat di depan publik. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.