Dark/Light Mode

Demi Membantu Perangi Wabah Covid-19

AS dan Negara Barat Cabut Dong Sanksi Ke Iran Cs...

Selasa, 28 April 2020 06:07 WIB
Kendaraan penyemprotan disinfektan di dekat gedung utama Lomonosov Moscow State University, Moskow pada 24 April 2020. (Foto Reuters)
Kendaraan penyemprotan disinfektan di dekat gedung utama Lomonosov Moscow State University, Moskow pada 24 April 2020. (Foto Reuters)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wabah virus corona masih jauh dari usai. Namun sejumlah negara seperti Iran dan Venezuela kesulitan memerangi wabah ini. Salah satu penyebabnya, karena sanksi ekonomi yang dijatuhkan Amerika Serikat (AS). Karena itu, Rusia mendesak negara-negara Barat meniadakan sanksi demi lancarnya penanganan pandemi global Covid-19.

Hal ini disampaikan Ketua Komite Urusan Luar Negeri Majelis Rendah Rusia, Leonid Slutsky dalam surat permohonannya kepada Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), 24 April lalu.

Slutsky mengaku kecewa karena draft deklarasi solidaritas bersama dalam mengatasi pandemi Covid-19 tidak lolos di PBB.

“Draft ini ditujukan untuk menguatkan komitmen komunitas internasional untuk bekerja sama,” tulisnya.

Baca juga : Dubes RI di Addis Ababa Berbagi Info Covid-19 dengan Mahasiswa di Cairo

Ia menggarisbawahi, dokumen tersebut menekankan pentingnya membantu semua negara yang membutuhkan uluran tangan dalam mengatasi Covid-19.

“Perlu juga mencabut sementara semua sanksi ekonomi dan meniadakan kekuatan Dewan Keamanan PBB dalam menentukan pemberian bantuan ke semua negara,” lanjutnya.

Menurutnya, pandemi Covid-19, yang menyasar hampir semua negara di seluruh benua membawa dampak buruk pada perekonomian dunia. “Saya yakini untuk menghentikan virus ini dengan bekerja sama,” ujarnya dalam surat terbukanya.

Namun, lanjutnya, draft yang diajukan Rusia ini justru ditolak mentah-mentah Amerika Serikat, Uni Eropa, Inggris, Ukraina dan Georgia.

Baca juga : LaNyalla: Jokowi Jangan Ragu Ubah Kebijakan Yang Kurang Pas

“Negara-negara Barat yang menyebut diri mereka sebagai negara demokrasi justru memberi banyak sanksi ke negara berkembang tanpa ada niatan untuk mengurangi sanksi sementara di tengah pandemi,” sentil Slutsky.

Sanksi negara-negara Barat ini disebut telah menyulitkan negara lain untuk melawan wabah virus corona. Sejumlah negara yang paling terdampak buruk adalah Iran dan Venezuela.

“Sanksi tersebut tidak berkontribusi dalam mengurangi sebaran infeksi virus ini,” tegasnya.

“Sebagai Ketua Komite Urusan Luar Negeri Rusia, saya minta semua pejabat penentu kebijakan di negara-negara besar seperti AS, Uni Eropa dan Inggris mencabut kebijakan sanksi yang mereka berikan,” desak Slutsky.

Baca juga : Komisi VI DPR: Tantangan Garuda Hadapi Badai Covid-19 Sangat Berat

“Ini saatnya kita berhenti berpikir seperti dahulu kala. Kita perlu membantu negara lain selamat dari pandemi ini,” tandasnya.

Ia menekankan bahwa pihaknya akan tetap memberi bantuan kepada semua negara yang terdampak Covid-19. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.