Dark/Light Mode

Jaga Social Distancing

Kreatif, Guru SD di China Minta Siswa Pakai Topi Ala Dinasti Song

Jumat, 1 Mei 2020 11:57 WIB
Siswa SD di Huangzhou, China mengenakan topi bertanduk ala kaisar zaman Dinasti Song untuk menjaga social distancing. (Foto: Weibo)
Siswa SD di Huangzhou, China mengenakan topi bertanduk ala kaisar zaman Dinasti Song untuk menjaga social distancing. (Foto: Weibo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah sekolah di China mulai dibuka kembali, setelah wabah corona pelan-pelan minggir dari Negeri Tirai Bambu. Agar tak memicu penularan kembali, para guru di China memiliki sejumlah ide kreatif bagi para siswa SD, dalam menerapkan aturan social distancing.

Baca juga : Duit Corona Rawan Digarong

Bersama masker dan hand sanitizer, topi ala nenek moyang China ikut meramaikan perang melawan Covid-19 di kalangan siswa SD di Hangzhou, China.

Kaisar zaman Dinasti Song dan topi bertanduknya (Foto: SCMP)

Baca juga : Presiden Minta Stimulus Ekonomi Diberikan Ke Petani

Seperti dilansir Kantor Berita Xinhua, sekolah dasar yang terletak di wilayah timur China itu, terinspirasi topi bertanduk yang digunakan para pejabat di masa dinasti Song (960-1279).

Baca juga : Pelaku Pembalakan Kayu Ilegal Disidang Online

Topi itu diharapkan dapat membantu para siswa dalam menerapkan social distancing di sekolah. Setidaknya, dalam jarak 1 meter. Modelnya macam-macam. Ada yang dilengkapi tanduk panjang. Ada juga yang pakai sayap.
 Selanjutnya 

Menurut ahli sejarah City University of Hong Kong Tsui Lik-hang, Song yang merupakan kaisar pertama di China memerintahkan para menterinya untuk mengenakan topi dengan dua sayap panjang di kedua sisi, supaya mereka tak saling ngobrol di majelis persidangan.
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.