Dark/Light Mode

Dinilai Gagal Tangani Corona, Popularitasnya Melorot

Trump Kaget Disalip Biden

Sabtu, 2 Mei 2020 06:19 WIB
Donald Trump (kiri) dan Joe Biden
Donald Trump (kiri) dan Joe Biden

RM.id  Rakyat Merdeka - Gara-gara dianggap lemah menangani kasus virus corona, popularitas Presiden Amerika Serikat Donald Trump melorot. Dia disalip saingannya, capres Demokrat, Joe Biden. Trump pun kaget.

Mengacu ke survei Reuters, responden ditanyai apakah mereka akan memilih Trump atau Biden pada pilpres November nanti. Hasil jajak pendapat menunjukkan, 44 persen memilih Biden dan 40 persen ke Trump. Sementara sisanya belum menentukan pilihan.

Baca juga : Hoaks, Petugas Penanganan Corona Minta Kaos Bersih

Ketika survei dirinci lebih jauh ke hasil tiap negara bagian, Biden unggul di wilayah- wilayah yang dulu memenangkan Trump. Beberapa di antaranya adalah Michigan, Wisconsin, dan Pennyslvania di mana Biden unggul dengan perolehan di atas 40 persen.

Temuan Reuters tak jauh beda dengan hasil jajak pendapat Fox News. Untuk negara bagian Florida menunjukkan Biden unggul 46 persen sedangkan Trump 43 persen. Di Pennsylvania, Biden meraup 50 persen di atas Trump yang hanya 42 persen. Di Michigan, Biden 49 persen, dan Trump harus puas di 41 persen.

Baca juga : Gegara Corona, Pendapatan Perum Damri Anjlok Hingga 90 persen

Florida terkenal sebagai swing voters state dengan jumlah electoral college terbesar yang selalu jadi medan tempur capres AS. Selain Ohio, Pennsylvania, North Carolina, Michigan dan Virginia.

Menurut Pew Research dalam survei, penurunan popularitas Trump terjadi karena sekitar 65 persen orang Amerika me- ngatakan, sang petahana terlalu lambat untuk mengambil langkah-langkah besar untuk menangani ancaman Covid-19.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.