Dark/Light Mode

Duta Besar Indonesa untuk Selandia Baru Tantowi Yahya

Bersama AA Gym Bahas Kesuksesan Negeri Kiwi Hadapi Covid-19

Selasa, 12 Mei 2020 05:27 WIB
Dubes Tantowi Yahya (kiri) ngabuburit bareng Aa Gym. (Foto IST)
Dubes Tantowi Yahya (kiri) ngabuburit bareng Aa Gym. (Foto IST)

RM.id  Rakyat Merdeka - Nyaris hampir semua negara merasakan dampak wabah Co- vid-19. Bermacam-macam cara dilakukan masing-masing negara mencegah penyebarannya. Salah satu negara yang dinilai sukses menekan sebaran virus ini adalah Selandia Baru yang juga dikenal dengan Negeri Kiwi.

Kesuksesan pemerintahan Perdana Menteri Jacinda Ardern itu jadi buah bibir obrolan santai jelang buka puasa antara Duta Besar Indonesia di Selandia Baru Tantowi Yahya dengan Ustad Abdullah Gymnastiar alias Aa Gym.

Baca juga : Hary Tanoe: Kedisiplinan Kunci Atasi Covid-19

Tantowi menyampaikan kekaguman terhadap ketegasan Ardern mengambil langkah untuk mencegah penyebaran Covid-19. Ketika wabah corona masuk, politikus muda dari Partai Buruh itu langsung menutup seluruh pintu masuk ke Selandia Baru, baik darat, laut maupun udara. 

“Jacinda tidak mempedulikan anjloknya tingkat kunjungan wisatawan karena selama ini Selandia Baru dikenal sebagai salah negara tujuan wisata dunia. Yang dipikirkan Jacinda adalah bagaimana memutuskan mata rantai penyebaran virus Covid-19 agar rakyatnya ter- lindungi,” tutur Tantowi dalam acara ngabuburit virtual itu, Sabtu (9/5).

Baca juga : Global Bonds Hutama Karya Kelebihan Permintaan Hampir 6 Kali Lipat

“Jacinda langsung melakukan lockdown. Rakyat diminta tidak keluar kecuali ada hal urgent,” lanjutnya.

Aa Gym mempertanyakan dampak keputusan Ardern yang menerapkan lockdown (karan- tina wilayah) dengan segera. “Tentu saja dampaknya sangat terasa. Tapi, Selandia Baru mampu menekan laju penambahan pasien positif Covid-19,” info Tantowi.

Baca juga : Disiplin Obat Ampuh Binasakan Covid-19

Menurut Tantowi, karantina wilayah di Selandia Baru berhasil karena dukungan seluruh elemen masyarakat. Rakyat, menteri, politikus, dan pejabat negara lainnya kompak satu suara. Bahkan, Selandia Baru termasuk salah satu negara yang dipuji WHO dalam penanganan pandemi Covid-19.

“Kuncinya kan ada di rakyat juga. Kalau rakyat patuh, ten- tu berhasil. Saya juga selalu mengimbau kepada tujuh ribu WNI di Selandia Baru untuk patuh terhadap aturan peme- rintah. Kalau saya perhatikan, semua pemimpin negara sudah berupaya maksimal melawan Covid-19 ini,” tandas Tantowi. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.