Dark/Light Mode

Rencana Konvensi Partai Republik

Trump Kasih Deadline Seminggu Untuk Gubernur North Carolina

Rabu, 27 Mei 2020 10:42 WIB
Presiden AS Donald Trump (Foto: Instagram)
Presiden AS Donald Trump (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden AS Donald Trump memberi deadline satu minggu kepada Gubernur North Carolina Roy Cooper untuk menjadi tuan rumah Konvensi Nasional Republik. Jika tidak, Trump akan segera mengalihkannya ke wilayah lain.

Deadline tersebut ditetapkan Trump, setelah para Gubernur Florida, Georgia, dan Texas yang seluruhnya berasal dari Partai Republik menawarkan diri menjadi tuan rumah konvensi, yang dijadwalkan berlangsung selama 4 hari di Charlotte, North Carolina pada 24 Agustus mendatang.

"Kami tidak akan mengorbankan kesehatan dan keselamatan warga North Carolina di tengah pandemi seperti ini. Untuk memastikan keselamatan setiap orang, kami akan bekerja sama dengan tim Partai Republik," ujar Cooper, yang berasal dari Partai Demokrat seperti dikutip Reuters, Rabu (27/5).

Baca juga : Kementan Temukan Potensi Eucalyptus Untuk Cegah Corona

Sebelumnya, kepada para wartawan di Gedung Putih, Trump meminta konvensi tak dibatasi oleh aturan jaga jarak atau social distancing.

"Kami butuh kepastian cepat dari Gubernur North Carolina. Kalau tak bersedia, dia harus segera memberi tahu kami. Supaya kami bisa segera mencari lokasi baru," papar Trump.

Georgia, Texas, dan Florida yang dipimpin gubernur dari Partai Republik telah melonggarkan aturan lockdown di wilayahnya. Lebih cepat dibanding North Carolina.

Baca juga : Pemkab Tapanuli Utara Realokasikan Rp45 Miliar Untuk Lawan Corona

"Dengan fasilitas restoran, hotel, dan tenaga kerja kelas dunia, kami siap menyelenggarakan Konvensi Nasional Republik," cuit Gubernur Georgia Brian Kemp melalui akun Twitter-nya, Selasa (26/5).

Trump banyak dikritisi para gubernur yang berasal dari Partai Demokrat, karena dinilai terlalu cepat memutar kembali roda perekonomian, pasca lockdown di negara yang paling terdampak Covid itu.

Seperti halnya Trump, Cooper juga tengah bersiap mencalonkan diri dalam pemilihan November mendatang.

Baca juga : Pertamina Berikan Apresiasi Hari Pelanggan, Untuk Konsumen Produk Unggulan

Akibat pandemi, Trump dan kandidat Partai Demokrat Joe Biden terpaksa menghentikan kampanye mereka. Partai Demokrat pun telah menunda konvensi di Milwaukee dan membuka pintu revisi format acara. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.