Dark/Light Mode

Angkut 8 Mobil Mewah & Alat Gym

Putra Mahkota Arab Saudi Diistimewakan Pakistan

Senin, 18 Februari 2019 06:57 WIB
SAMBUT MBS: Spanduk besar menyambut Pangeran MBS dipasang di jalan utama Lahore, Pakistan. (Foto AFP)
SAMBUT MBS: Spanduk besar menyambut Pangeran MBS dipasang di jalan utama Lahore, Pakistan. (Foto AFP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MBS) mendapat perlakuan spesial setibanya di Islamabad, ibu kota Pakistan pada Minggu (17/2). Dia nginap di Kediaman Perdana Menteri. Negara itu juga libur nasional demi menyambutnya.

Semua barang bawaan MBS sudah didrop ke rumah dinas PM Imran Khan. Bawaannya banyak. Dua pesawat C-130 menerbangkan 7 mobil mewah seri BMW7 dan satu mobil Land Cruiser ke Pakistan. Barang pribadi milik MBS termasuk furnitur dan peralatan olahraga gym sebanyak delapan kontainer.

MBS berkunjung selama dua hari, 17-18 Februari, di negara sekutu terdekatnya di Asia. MBS diterbangkan dengan helikopter dari lapangan terbang angkatan udara Pakistan, Nur Khan menuju rumah PM. Tim pengamanan Saudi dan aparat keamanan Pakistan bersama-sama menjaga rumah Perdana Menteri yang menjadi tempat penginapan MBS.

Baca juga : Ponorogo Undang Decak Kagum Publik Australia

750 kamar di delapan hotel di Islamabad dipesan untuk delegasi Arab Saudi yang mendampongi MBS. Sejumlah hotel ditutup untuk pengamanan. Aparat mengambil alih pengamanan. Semua biaya kunjungan ditanggung pemerintah Arab Saudi. Beberapa dokter Arab Saudi dan media juga diikutsertakan dalam delegasi MBS ke Pakistan.

Menyusul kedatangan MBS, Pakistan memberlakukan libur nasional pada Senin, 18 Februari 2019. Sebab Putra Mahkota itu akan melakukan kunjungan pada siang hari. Foto-foto Putra Mahkota telah digantung di gedung parlemen, ada pula foto raksasa setinggi 36 meter. Gambar-gambar wajah MBS dipajang di jantung kota Islamabad.

Pengetatan keamanan juga sudah dilakukan. Pasukan Angkatan Darat, pasukan pengawal khusus dan aparat kepolisian disiagakan selama dua hari, yakni 17 dan 18 Februari 2019. Akan ada pos pengecekan di titik keluar masuk kota Islamabad. Beberapa pos pengecekan juga telah didirikan di sejumlah jalan utama.

Baca juga : Pelanggaran Imigrasi Di Malaysia, WNI Masih Ranking Satu

Selama dua hari, kawasan zona merah di Pakistan akan sepenuhnya ditutup dan diberlakukan rekayasa lalu lintas antar kota. Pengendara motor akan dilarang di kawasan zona merah, Islamabad, jalan Muree, area biru dan jalan menuju kota Kashmir.

Kunjungan MBS, tak lama setelah  42 tentara paramiliter India tewas pada hari Kamis (14/2) dalam serangan bom bunuh diri di Distrik Pulwama di Kashmir yang dikelola India. Kelompok militan yang berbasis di Pakistan Jaish-e-Mohammed (“Tentara Mohammed”) mengaku bertanggung jawab atas serangan mematikan itu. India, kemudian menjatuhkan sanksi untuk jirannya itu. Memberlakukan bea masuk 200 persen untuk barang-barang yang diimpor dari Pakistan.

“Bea cukai dasar untuk semua barang yang diekspor dari Paki- stan ke India telah dinaikkan menjadi 200 persen dengan efek langsung”, tulis Menteri Keuangan Indian Arun Jaitley di Twit- ter seperti disitir dari Sputnik, Minggu (17/2).[DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.