Dark/Light Mode

Duta Besar Indonesia untuk Turki Lalu Muhammad Iqbal

Shalat Jumat Di Halaman Masjid, Ceramah 5 Menit

Selasa, 30 Juni 2020 07:31 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Turki Lalu Muhammad Iqbal
Duta Besar Indonesia untuk Turki Lalu Muhammad Iqbal

RM.id  Rakyat Merdeka - Umat Muslim di berbagai negara yang dihantam pandemi Covid-19 juga mengalami pembatasan dalam beribadah seperti halnya Indonesia. Salah satunya shalat Jumat berjamaah di masjid.

Duta Besar Indonesia untuk Turki Lalu Muhammad Iqbal menyatakan, shalat Jumat terakhir di Turki dilakukan 12 Maret lalu. Setelah itu, ibadah berjamaah dibuka lagi hingga 29 Mei 2020.

Baca juga : Shalat Di Halaman Masjid, Khutbah Maksimal 5 Menit

“Dalam pelaksanaannya memang sepenuhnya berbeda dengan saat sebelum pandemi. Yang pertama, tentu saja kita harus pakai masker. Kemudian setiap orang yang datang harus membawa sajadahnya masing-masing, kemudian ada batasan jaga jarak saat berada di masjid,” ujar Iqbal saat dialog virtual bersama di Media Center Gugus Tugas Nasional, Sabtu (27/6).

Menurutnya, pelaksanaan shalat Jumat hanya diperbolehkan di halaman masjid saja. Tentu, ini hanya bersifat sementara karena saat ini sedang musim panas. Namun ketika musim dingin tiba, tidak dimungkinkan untuk shalat di luar ruangan mengingat cuaca tidak mendukung.

Baca juga : Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Shalat Idul Fitri di Halaman Wisma Bayurini

“Shalat Jumat dilakukan di halaman masjid. Jadi, di dalam masjid tidak lagi digunakan. Tapi mungkin ini hanya sementara, Turki nanti kan sudah mulai dingin, akhir September. Jadi, kita belum mendengar informasi mengenai protokol shalat Jumat untuk musim dingin,” ucapnya.

Khotbah shalat Jumat pun juga hanya diizinkan selama lima menit saja. “Semuanya disesuaikan untuk meminimalisir berkumpulnya orang di satu tempat yang sama,” tandasnya.

Baca juga : Seneng Bisa Pulangkan Warganya Ke Kampung Halaman

Setiap masjid yang melaksanakan shalat Jumat dijaga polisi yang akan menegur masyarakat yang masih berkumpul usai shalat. Pertemuan itu berlangsung karena pelonggar lockdown.

Perubahan serupa juga terjadi dalam pelaksanaan shalat Jumat di Singapura. Wakil Kepala Perwakilan Republik Indonesia untuk Singapura Didik Eko Pujianto, yang juga ikutan jumpa pers bersama Iqbal, mengatakan, aktivitas publik di Singapura sudah dihen- tikan sejak pertengahan Maret dan pembukaan kegiatan secara umum dilakukan bertahap sejak lockdown dibuka awal Juni. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.