Dark/Light Mode

Covid-19 Meledak Lagi

Tidak Pakai Masker, Warga Hong Kong Didenda Rp9,3 Juta

Selasa, 14 Juli 2020 14:55 WIB
Warga Hong Kong mengenakan masker saat menumpangi MRT. Tapi tidak menjaga jarak. (Foto Reuters)
Warga Hong Kong mengenakan masker saat menumpangi MRT. Tapi tidak menjaga jarak. (Foto Reuters)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kasus Covid-19 di Hong Kong kembali meledak. Tidak mau penularan meluas, otoritas Hong Kong menerapkan denda Rp 9,3 juta bagi warga tak bermasker di luar ruangan.

Diberitakan Bloomberg, warga Hong Kong diwajibkan memakai masker di ruang publik dan semua angkutan umum dan area berbayar dari stasiun MTR, jika tidak, mereka akan ditolak masuk.

Selain itu, akan ada tes corona gratis untuk pengemudi taksi dan orang-orang yang bekerja di panti jompo, restoran dan sales properti.

Baca juga : Yang Tak Bermasker Didenda Dong, Jangan Dicuekin Aja...

Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam mengatakan, upaya ini dilakukan karena tak ingin usaha Hong Kong selama ini untuk membendung Covid-19 menjadi sia-sia.

"Kami tidak ingin melihat upaya kami sebelumnya sia-sia. Meskipun ada vaksin efektif yang dapat diterapkan secara luas, kita mungkin harus hidup berdampingan dengan virus ini untuk beberapa waktu ke depan," ujar Carrie Lam dalam konferensi pers, Senin (13/7).

Sejauh ini, Hong Kong telah mencatat delapan kematian terkait virus Corona. Kasus tersebut melibatkan seorang pasien wanita berusia 96 tahun yang dipastikan terjangkit Covid-19 pada 9 Juli, yang terkait dengan kasus lokal lainnya.

Baca juga : China Ancam Hukum Inggris

Si nenek tidak memiliki gejala ketika dirawat di Rumah Sakit Pamela Youde Nethersole Eastern pada 10 Juli, tetapi kondisinya memburuk pada hari berikutnya. Kondisinya terus memburuk sampai dia meninggal sekitar pukul 18:30 waktu setempat pada hari Senin (13/7).

Kepala cabang penyakit menular dari Pusat Perlindungan Kesehatan, Chuang Shuk-kwan sebelumnya memperingatkan, strategi pelacakan dan isolasi tidak cukup untuk menghentikan wabah, dengan alasan kemungkinan adanya Orang Tanpa Gejala (OTG).

Berdasarkan data worldometers, Hong Kong melaporkan 41 kasus virus corona per hari Senin (13/7), dengan total kasus mencapai 1.522 dan 8 orang dilaporkan meninggal. Dari jumlah kasus tersebut, 1.217 orang telah sembuh. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.