Dark/Light Mode

Duta Besar Indonesia Untuk Mesir Helmy Fauzi

Kopi Indonesia Jadi Favorit Pameran Luxor

Jumat, 22 Februari 2019 08:09 WIB
Duta Besar Indonesia Untuk Mesir Helmy Fauzi Kopi Indonesia Jadi Favorit Pameran Luxor

RM.id  Rakyat Merdeka - Kopi asal Indonesia telah mendominasi pasar Mesir. Tidak mengherankan jika masyarakat Negara Piramid itu akrab dengan cita rasa kopi Nusantara. Para warga rela antre demi mencicipinya dalam acara “Hari Indonesia-Mesir” di Luxor. Jaraknya sekitar 650 km dari ibu kota Mesir, Kairo.

“Kopi Indonesia memang sangat khas, aromanya sangat lezat,” kata warga Luxor, Mahmud, yang ikut antre, dalam keterangan yang diterima Rakyat Merdeka, Kamis (21/2).

Acara digelar di dua tempat sekaligus. Perpustakaan Umum dan Luxor Conference Hall, pada Selasa (19/2). Kolaborasi dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kairo, Mesir, dan Pemerintah Provinsi Luxor.

Baca juga : Promosikan Keindahan Alam Negara Nordik Lewat Pameran Fotografi

Acara ini dimanfaatkan untuk mempromosikan produk dalam negeri kedua negara. Selain kopi, Indonesia mempromosikan rempah, mi instan dan biskuit. Tersedia juga air panas, yang dapat digunakan pengunjung bila ingin memasak mie atau menyeduh kopi.

Mesir memamerkan sejumlah kerajinan tangan warga Luxor. Bahkan, terdapat satu stan khusus yang menampilkan produk kreativitas yang dibuat anak-anak disabilitas.

Untuk memeriahkan acara, Indonesia menampilkan berbagai tarian Nusantara, antara lain tari enggang, tari piring, batin kemuning, tari ondel-ondel dan tari dara juanti. Para penampil berasal dari tim tari Pusat Kebudayaan Indonesia (Puskin) KBRI Kairo dan tim tari Sanggar Gayatari Nusantara yang didatangkan Kementerian Pariwisata. Tidak lupa, fashion show yang mamerkan pakaian khas Nusantara ikut menyemarakkan suasana.

Baca juga : Kopi Indonesia Favoritnya Orang Rusia

Sedangkan kesenian Mesir yang ditampilkan antara lain tari tongkat, tari rakyat Nubiyah, serta beberapa tarian dan nyanyian tradisional Mesir lainnya yang penuh dengan semangat nasionalisme.

Di sela-sela kegiatan ‘Hari Indonesia-Mesir’, Dubes Helmy yang didampingi istri, Dwi Ria Latifa, menyempatkan diri bertemu Gubernur Mustasyar Mustafa Alham di Kantor Pemerintah Provinsi Luxor. Dalam pertemuan tersebut, Mustafa menyatakan keinginannya untuk menjalin kerja sama lebih erat dengan Indonesia. Terutama, di bidang pertanian dan industri. Dia mengaku terus mengikuti perkembangan kemajuan Indonesia di dua sektor tersebut.

Duta Besar Indonesia untuk Mesir Helmy Fauzi, dalam sambutannya, mengaku gembira dengan terlaksananya kegiatan kebudayaan RI-Mesir di Luxor. Selain terkenal sebagai “The World Greatest Open-Air Museum”, Luxor kaya dengan peradaban sejarah Mesir kuno. Terlebih, Mesir juga memiliki arti istimewa karena tercatat sebagai negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia.

Baca juga : Tetap Kerja Di Hari Terakhir Ngepos Di Jakarta

“Kegiatan ini tidak lepas dari upaya untuk memperkuat kerja sama Mesir dan Indonesia di bidang perdagangan dan kebudayaan,” kata Dubes Helmy. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.