Dark/Light Mode

Kampanye Virtual

Obama dan Clooney Galang Dana Untuk Joe Biden

Rabu, 29 Juli 2020 11:40 WIB
Barack Obama pernah liburan bersama George Clooney di Lake Como, Italia, tahun lalu. (Foto Daily Mail)
Barack Obama pernah liburan bersama George Clooney di Lake Como, Italia, tahun lalu. (Foto Daily Mail)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dan aktor George Clooney kompak dalam kampanye virtual untuk mendukung Joe Biden sebagai calon presiden Partai Demokrat.

Dikutip Reuters, Selasa (28/7), kampanye virtual tersebut berupa penggalangan dana. Tidak terbuka untuk umum. Tapi sesuai undangan dan pembelian tiket keikutsertan.

Baca juga : Gelar Kejuaraan Pencak Silat Virtual, IPSI Lamongan: Untuk Jaring Bibit Sejak Dini

Harga tiket berkisar dari 250 dolar AS (Rp3,5 juta) hingga 250 ribu dolar AS (Rp3,5 miliar). Juni lalu, Obama juga mengadakan penggalangan dana untuk Biden, yang menghasilkan lebih dari 11 juta dolar AS atau sekitar Rp154 miliar.

November nanti, Biden akan melawan Donald Trump, capres petahana. Pandemi Covid-19 memaksa Biden untuk mengadakan kampanye daring.

Baca juga : Jalan Gibran Tak Seberat Bapaknya

Penggalangan dana virtual terbukti efektif untuk Biden, membantunya dan kelompok-kelompok sekutu partai Demokrat mengalahkan Trump dalam pra-pemilihan pada Mei dan Juni lalu. Biden, pada Selasa (28/7), juga berpidato di Wilmington, Delaware yang merinci cara dia mengatasi rasisme sistemik dan ketidaksetaraan ekonomi rasial, sebagai bagian dari rencananya untuk merevitalisasi ekonomi AS yang terdampak sangat parah akibat pandemi virus corona.

Clooney, aktor yang kerap mengkritik Trump secara blak-blakan, bersama istrinya Amal, mengepalai Clooney Foundation for Justice, organisasi advokasi hak asasi manusia global.

Baca juga : Penerapan Smart Education Dorong Terbentuknya Konsep Bangsa Pintar

Bulan pasangan Clooney menyumbangkan 500 ribu dolar AS atau sekitar Rp7 miliar kepada Equal Justice Initiative, organisasi nirlaba yang memberikan perwakilan hukum kepada para tahanan yang didakwa atas kejahatan yang tidak mereka lakukan. [DAY

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.