Dark/Light Mode

Crazy World

6 Bulan Simpan Jenazah Ibu Di Freezer

Senin, 3 Agustus 2020 13:39 WIB
Freezer tempat menyimpan jenazah selama enam bulan. (Foto: chinasmack.com)
Freezer tempat menyimpan jenazah selama enam bulan. (Foto: chinasmack.com)

RM.id  Rakyat Merdeka - Demi uang pensiun ibunya, seorang pria di China tega menyimpan jenazah orang tuanya di freezer lemari pendingin. Bahkan, pria yang disebut bernama Wu itu, menyimpannya selama enam bulan. Ibunya meninggal pada 4 April tahun lalu.

Kejadian ini berlangsung di Baoshan, kawasan timur China. Kasus ini terungkap setelah masyarakat setempat mulai resah. Soalnya, ibu Wi yang berusia 68 tahun, tak pernah lagi mereka lihat. Polisi pun menggeledah rumah Wu. Mereka menemukan mayat ibu Wu di freezer.

Baca juga : Terciduk Simpan Sabu

Wu diadili untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Dalam putusan di Pengadilan Rakyat Baoshan, Shanghai, Wu dihukum enam bulan penjara. Selain itu, dia juga harus membayar denda 10 ribu yuan (Rp 21 juta). Wu juga diwajibkan mengembalikan uang pensiun ibunya sebesar 24 ribu yuan (Rp 50,5 juta).

Jiang Xiaoyan, Ketua Jaksa Penuntut dalam sidang menerangkan, pria itu pengangguran dan sangat bergantung kepada ibunya. Wu disebut sudah sejak lama hidup tanpa penghasilan. "Karena itu, dia sudah mempertimbangkan kondisi finansial saat menjalankan aksinya," ujar Jiang, dikutip Mirror.co.uk.

Baca juga : Patuhi Lockdown, PM Belanda Tak Bisa Dampingi Ibunda Di Momen Terakhir

Dalam persidangan Juni lalu, Wu mengungkapkan dia sengaja membeli freezer secara online, agar jenazah ibunya tak membusuk dan membuat warga curiga. Dari Mei hingga Oktober 2019, dia dilaporkan mengantongi uang pensiun si ibu sekitar 4 ribu yuan (Rp 8,4 juta) per bulan.

Jaksa menerangkan, ibu Wu sudah sakit-sakitan, dan meninggal karena sebab alami. Di mana organ tubuhnya mulai mengalami penurunan. Jiang menjelaskan bahwa Wu adalah "anak yang manja". Dia bahkan tidak tahu bagaimana harus mengurus dirinya sendiri.

Baca juga : Kemenhub Jelaskan, Ini Alasan Jenazah WNI Dibuang Ke Laut

Dalam keterangannya di pengadilan, Wu menuturkan dia dipecat dari pabrik besi pada 2016. Sejak saat itu dia tinggal bersama ibunya. Dia kemudian meminta kepada hakim kesempatan kedua. Wu diyakini tidak akan mengajukan banding setelah terbukti bersalah. "Saya berjanji akan bertobat dan ingin memakamkan ibu saya secara layak," kata Wu. (Mirror.co.uk/PYB)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.