Dark/Light Mode

Tiba Di Vietnam, Kim Jong-un Jalan Di Karpet Merah

Selasa, 26 Februari 2019 10:25 WIB
Kim Jong-un turun kerata, disambut  dengan karpet merah, di Stasiun Dong Dang, Vietnam. (Foto FP/Vietnam news agency)
Kim Jong-un turun kerata, disambut dengan karpet merah, di Stasiun Dong Dang, Vietnam. (Foto FP/Vietnam news agency)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menjejakkan kakinya di Vietnam Selasa pagi ( 26/2). Dia telah menempuh perjalanan sepanjang 4.500 kilometer atau 60 jam dengan mengenderai kereta antipeluru dari Pyongyang via wilayah China. Kereta berhenti di stasiun kereta Dong Dang, berbatasan dengan China.

Sejumlah pejabat tinggi Vietnam menyambut Kim Jong-un dengan karpet merah dan sambutan kenegaraan. Kedua bendera negara berkibar.

Dilansir AFP, anak-anak sekolah tampak melambai-lambaikan bendera Korut saat kedatangan Kim Jong-un. Penjaga kehormatan militer dengan seragam putih juga turut menyambut kedatangannya. Dia pemimpin Korut pertama yang mengunjungi Vietnam sejak kakeknya Kim Il-sung pada 1964.

Baca juga : Ditolak Di Tabanan, Sandi Balik Kanan

Kim Jong-un turun dari kereta melambaikan tangannya sambil tersenyum. Cucu pendiri Korea Utara ini mengenakan pakaian ala Mao Zedong berwarna hitam. Mobil Mercedez Bens kemudia melaku.  Kim Jong-un menuju Hanoi sejauh sekitar 170 kilometer. Para pengawal mengikuti dari belakang.

Dari dalam mobil Kim Jong-un melambaikan tangannya kepada penduduk yang berbaris di sepanjang jalan dengan melambai-lambaikan bendera Vietnam dan Korut.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump dikabarkan tiba di Hanoi pada Selasa petang. Trump didampingi Menteri Luar Negeri Miko Pompeo. Kim Jong-un dan Trump akan bertemu pada Rabu (27/2) untuk membahas program denuklirisasi dan perdamaian di Semenanjung Korea. Ini pertemuan kedua mereka setelah mengadakan pertemuan pertamanya pada Juni 2018 di Singapura.

Baca juga : Pidato Di Sentul, Jokowi Bilang Optimis 40 Kali

Trump mencuit dirinya menantikan pertemuan dengan Kim. "Dengan Denuklirisasi lengkap, Korea Utara akan dengan cepat menjadi kekuatan ekonomi. Tanpa itu, akan sama saja," cuit Trump.

"Ketua Kim akan membuat keputusan bijak!"

Hingga saat ini rincian konkret tisi pertemuan itu masih sedikit. Juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders mengatakan kepada wartawan di atas Air Force One, kedua pemimpin akan makan malam bersama pada Rabu. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.