Dark/Light Mode

Pria Vietnam 80 Tahun Nggak Potong Rambut

Sabtu, 29 Agustus 2020 19:51 WIB
Nguyen Van Chien dan rambut panjangnya. [Foto: REUTERS/Yen Doung]
Nguyen Van Chien dan rambut panjangnya. [Foto: REUTERS/Yen Doung]

RM.id  Rakyat Merdeka - Biasanya, orang akan memotong rambutnya jika merasa sudah terlalu panjang dan mulai tak rapi. Tapi, itu tak dilakukan Nguyen Van Chien. Pria Vietnam itu, seperti dikutip Reuters, bahkan tidak pernah memotong rambutnya selama hampir 80 tahun.

Karena tidak pernah memotong rambut selama itu, Nguyen kini memiliki rambut sepanjang sekitar 5 meter. Pria itu yakin, karena memanjangkan rambutnya itulah dia bisa berumur panjang hingga sekarang. Dia meyakini, jika rambutnya dipotong, maka dia akan mati.

Baca juga : Perjalanan 35 Tahun DUFAN

"Saya tidak berani mengubah apapun, bahkan menyisirnya pun tidak,” kata Nguyen kepada Reuters.

Meski tidak memotong rambutnya, Chien mengatakan tetap merawat rambutnya dan menutupinya dengan syal. Agar tetap kering dan bersih. Nguyen yang memuja sembilan kekuatan dan tujuh dewa ini percaya, bahwa tidak memotong rambutnya adalah panggilan dari Tuhan.

Baca juga : Emang Bakal Laku?

Terakhir kali dia memotong rambutnya adalah saat dia duduk di bangku sekolah dasar. Ketika duduk di bangku kelas 3, dia memutuskan berhenti sekolah dan tidak memotong rambutnya, menyisirnya, atau bahkan mencucinya. Dia bilang, dulu rambutnya hitam, tebal dan kuat.

"Saya menyisirnya agar mulus. Tetapi ketika saya mendengar panggilan Tuhan, saya langsung tahu bahwa saya terpilih,” katanya.

Baca juga : Wapres Minta Penyerapan Anggaran Pemulihan Ekonomi Dikebut

Dalam merawat rambutnya, Nguyen dibantu putra kelimanya, Luom. Sama seperti ayahnya, Luom percaya bahwa ada hubungan antara rambut dan kematian. Dia mengaku pernah menyaksikan seorang pria meninggal karena menyambung rambutnya dengan tali. “Hal-hal ini kelihatannya sederhana tetapi sakral,” kata Luom. [PYB]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.