Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Partai Baru Amien Deklarasi Akhir Tahun Ini

Emang Bakal Laku?

Rabu, 26 Agustus 2020 06:55 WIB
Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais. (Foto: Instagram)
Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pujiaan dan tangisan Zulkifli Hasan dan Soetrisno Bachir tak bisa meluluhkan hati Amien Rais. Justru, Amien bersama loyalisnya bakal deklarasi partai baru akhir tahun ini. kalau partai baru Amien ini jadi, emang bakal laku?

Pernyataan Amien bakal deklarasi partai baru ini dibeberkan loyalis Amien, Agung Mozin. Eks kader PAN itu mengaku, saat ini para loyalis Amien sedang mematangkan pembentukan partai baru. “Pak Amien dan kawan-kawan, termasuk saya, sedang mempersiapkan partai baru. Kita sudah firm (yakin) untuk punya partai baru,” kata Agung saat dihubungi Rakyat Merdeka, semalam.

Baca juga : Deklarasi Capres Bukan Main-main

Agung menjelaskan, partai baru ini dimotori sejumlah mantan kader dan fungsionaris PAN, termasuk dirinya bersama dengan Putra Jaya Husin dan Chandra Tirta Wijaya. Sementara Amien hanya menjadi pengayom saja. Dan Hanafi Rais ikut terlibat namun tidak secara aktif. “Pak Amien dan kawan-kawan, menjadi motor lahirnya partai baru,” ujarnya.

Menurut eks ketua DPP PAN ini, partai baru ini ditargetkan akan diumumkan Desember 2020. Namun, karena sifatnya target maka bisa terjadi lebih cepat atau lebih lambat dari target itu. “Target kita sih Desember ya, namanya target ya, mungkin bisa lebih cepat atau mungkin bisa lebih lambat,” ungkapnya.

Baca juga : Pengamat: Tuntutan Deklarasi KAMI Ngawang Dan Abstrak

Loyalis Amien rais lainnya, Putra Jaya Husin membenarkan omongan Agung Mozin. Kata dia, memang terdapat peran Amien dalam pembentukan partai baru. Menurutnya, Amien lebih mementingkan rakyat dibanding PAN yang kini diketuai Zulkifli Hasan itu. Sedangkan pengurus PAN saat ini lebih mementingkan komersil dibandingkan kepentingan rakyat.

Menurutnya, PAN itu seperti perahu yang dibuat Amien untuk membantu orang menyebrangi sungai. Namun saat ini perahu itu dipakai untuk membantu mengangkut orang yang berjudi. “Jangan dong. Padahal sudah diingatkan berkali-kali untuk tidak melakukan itu. apakah Pak Amien tetap berada di perahu yang tidak baik ini, kan tidak,” bebernya kepada Rakyat Merdeka, semalam.

Baca juga : Rayakan Kemerdekaan, 11 Tahun Tokopedia Bangga Bersama UMKM

Dia mengklaim pendirian partai baru diawali dari usulan kader PAN di daerah, bukan inisiasi Amien. Gagasan tersebut sudah terpikir sejak Februari tahun ini. Itu pun, menurut Putra Jaya, diakui pengurus PAN yang menyatakan isu pembuatan partai baru dihembuskan oleh orang-orangnya Amien Rais. “Bulak balik pengurus PAN bicara soal ini,” ucapnya.

Dia yakin berkat pengalamannya dan pengalaman Amien, partai baru ini bakal lebih besar dibandingkan partai apapun, termasuk PAN. “Kami sudah 20 tahun lebih ngurus partai. Kira-kira sekarang kami lebih canggih atau nggak? Kira-kira sekarang kami lebih pintar dari yang dulu atau lebih bodoh? toh kami bakal tahu kekurangan dan kelebihan partai di mana,” imbuhnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.