Dark/Light Mode

Duta Besar Indonesia Untuk Prancis, Arrmanatha Nasir

Peringati Hubungan Diplomatik, Luncurkan Buku “Beyond Java”

Jumat, 4 September 2020 18:17 WIB
Duta Besar Indonesia Untuk Prancis, Arrmanatha Nasir. [Foto: KBRI Paris]
Duta Besar Indonesia Untuk Prancis, Arrmanatha Nasir. [Foto: KBRI Paris]

RM.id  Rakyat Merdeka - Tahun ini, Indonesia dan Prancis memperingati 70 tahun hubungan diplomatik kedua negara. Sebagai salah satu bentuk perayaan, buku berjudul Beyond Java, yang berisi foto-foto Indonesia hasil bidikan Marius Moragues diluncurkan di restoran Indonesia di Prancis, Djawa Valmy, Selasa (1/9).

Moragues adalah fotografer asal Prancis yang telah mengelilingi Indonesia, terutama wilayah Sumatera dan Jawa. Kegiatan mencari objek bidikan kamera itu dilakukannya sejak lima tahun yang lalu. Dia mengenal baik Indonesia. Bahkan dapat berbicara bahasa Indonesia, dan sedikit bahasa Jawa.

Baca juga : Pengalaman Ketatnya Lockdown dan Denda Rp 2 Juta

Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Prancis Arrmanatha Nasir menilai, foto-foto di buku Moragues tercermin wajah masyarakat Indonesia. Semangat, kegigihan, keterbukaan, keramahan, kearifan, dan kejujuran. Hal itu, menurutnya, karakter kuat yang menjadi fondasi hubungan antar masyarakat Indonesia dan Prancis.

Pandemi Covid-19 menyebabkan berbagai rangkaian kegiatan untuk memperingati 70 tahun hubungan kedua negara terpaksa ditunda. Borobudur Marathon di Paris, Festival Gastronomi Indonesia dan pagelaran budaya yang telah direncanakan pun urung terlaksana. Peringatan dilakukan dengan melakukan peluncuran Beyond Java, yang juga harus dilakukan secara terbatas.

Baca juga : Promosikan Pariwisata Indonesia Via Film

Kendati demikian, Dubes yang akrab disapa Tata ini menekankan, Covid-19 tidak mempengaruhi semangat dan upaya penguatan kerja sama kedua negara. Hal ini tercemin dari kerja sama dan solidaritas yang tinggi, dalam upaya mengatasi pandemi Covid-19. Seperti melalui lembaga Agence Française de Développement/AFD (French Development Agency).

"Juga perusahaan-perusahaan Prancis di Indonesia," kata mantan juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) itu.

Baca juga : Teken MoU Penanggulangan Bencana Bareng BNPB

Peluncuran buku Beyond Java yang dilakukan secara terbatas, di antaranya dihadiri wakil anggota Parlemen Prancis, beberapa wakil pemerintah, dan media setempat. Acara ini diselenggarakan dengan memperhatikan protokol kesehatan secara ketat. Para tamu yang datang diukur suhu tubuhnya. Selain itu, mereka diminta menjaga jarak dan selalu menggunakan masker. [PYB]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.