Dark/Light Mode

Corona Melanda, Netflix Dapat Keberuntungan

Minggu, 6 September 2020 19:50 WIB
CEO Netflix Reed Hastings punya ide membangun usaha gara-gara didenda karena telat mengembalikan DVD sewaan. (Foto Vox)
CEO Netflix Reed Hastings punya ide membangun usaha gara-gara didenda karena telat mengembalikan DVD sewaan. (Foto Vox)

RM.id  Rakyat Merdeka - Keberuntungan berpihak pada Netflix di tengah pandemi Covid-19. Streaming raksasa itu menangguk keuntungan, di saat perusahaan lain bertumbangan ketika karantina wilayah atau lockdown diberlakukan.

Menurut CEO Netflix Reed Hastings menyebut jumlah pelanggan Netflix meroket pada 2020. Hampir 16 juta orang berlangganan dalam tiga bulan pertama tahun ini. Hampir dua kali lipat dari pendaftaran baru di bulan-bulan terakhir tahun 2019.

Baca juga : Tahun Depan, Kemenhub Dapat Anggaran Rp 45 T

Harga saham Netflix juga naik lebih 30 persen tahun ini. Para nvestor yakin Netflix mendapatkan keuntungan dari orang-orang yang menghabiskan lebih banyak waktu di rumah.

“Ternyata itu adalah virus biologis, yang tidak kebanyakan membunuh orang tetapi membuat mereka tetap di rumah,” kata Hastings kepada The Times.

Baca juga : Indonesia Mesti Kuasai Data dan Info Kelautan

“Apa yang kami sadari adalah terkadang Anda mendapatkan keberuntungan untuk bisnis dan itu bukan salah Anda. Jangan merasa bersalah. Kami hanya merasa, 'Oke, kami melayani pelanggan dan kami mendapatkan peningkatan ini.'

"Kami semua akan bercerita tentang tahun 2020 dan betapa gilanya itu."

Baca juga : Ketua KPK Rakor dengan Gubernur Sumut

Hastings ikut mendirikan Netflix pada tahun sembilan puluhan. Awalnya menjual dan membeli DVD dengan sistem digital dan keanggotaan untuk menjadi pelanggannya. Ide bisnis bermula dari Hastings yang kena denda lantaran telat mengembalikan DVD yang ia sewa. Sekarang, ia memiliki hampir 193 juta pelanggan di 190 negara.

Hastings dan tim juga memproduksi konten original mereka sendiri. House of Cards resmi ditayangkan pada 2013 dan mendapatkan beragam penghargaan di Emmy Awards. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.