Dark/Light Mode

Promosikan Budaya Indonesia, KBRI Moskow Gelar Wayang Kulit

Selasa, 22 September 2020 20:42 WIB
Suasana pertunjukan wayang kulit di KBRI Moskow yang dihadiri warga Rusia (21/9). (Foto: KBRI Moskow)
Suasana pertunjukan wayang kulit di KBRI Moskow yang dihadiri warga Rusia (21/9). (Foto: KBRI Moskow)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gelaran wayang kulit, jadi salah satu cara mempromosikan budaya Indonesia di luar negeri. Seperti yang dilakukan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Moskow, Rusia. Pertunjukan digelar di taman KBRI Moskow, Senin (21/9).

Pertunjukan berlangsung dengan meriah. Warga Rusia, para sahabat, dan pecinta Indonesia yang hadir memenuhi undangan, dengan antusias mengikutinya hingga selesai gelaran.

Sejumlah pejabat KBRI Moskow turut hadir dalam pertunjukan tersebut. Termasuk Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) yang juga Wakil Duta Besar RI untuk Rusia merangkap Belarus, Azis Nurwahyudi.

Baca juga : Promosikan 10 Bali Baru, KBRI Moskow Gandeng Samara

Sebelum pertunjukan berlangsung, Azis memberikan penjelasan soal keanekaragaman budaya di Indonesia. "Dan, wayang kulit adalah salah satunya," terang Azis, dalam keterangan tertulisnya kepada RMCO.id.

Dan, pertunjukkan wayang kulit yang digelar KBRI Moskow, tak cuma sebagai hiburan. Pertunjukan juga merupakan media untuk menyampaikan nilai-nilai simbolis, konotatif, dan estetis. Tentang kehidupan masyarakat. Atau suatu hal, serta untuk melestarikan budaya tradisional itu sendiri.

Ia mengaku ingin memperkenalkan budaya Indonesia kepada semua sahabat Indonesja di Rusia. "Dan sebagai bagian dari peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Rusia,” katanya.

Wakil Dubes Indonesia untuk Rusia Azis Nurwahyudi di acara pagelaran wayang kulit di KBRI Moskow, Senin (21/9). (Foto: KBRI Moskow)

Baca juga : Bahasa Asing Bisa Hambat Masuknya FDI, Indonesia Mesti Belajar Dari Vietnam

Pada pertunjukan tersebut, warga Rusia disuguhi lakon “Timun Mas”. Dengan dalang Tri Koyo. Yang merupakan staf KBRI Moskow dan lulusan ISI Yogyakarta. Pertunjukan wayang kulit diiringi sanggar seni “Gamelan Dadali” binaan KBRI Moskow.

Para pemain gamelan dan sinden adalah warga Rusia. Yang sudah piawai dalam memainkan alat musik itu. Sebelumnya, pada 2018, “Gamelan Dadali” pernah mengiringi pertunjukan wayang kulit dengan dalang kondang Ki Anom Suroto. Di St. Petersburg dan Moskow.

Pertunjukan itu memukau penonton. Dan meninggalkan kesan tersendiri bagi warga setempat. Salah satunya Evgeniya Renkovskaya. Dia bilang, ini adalah kedua kalinya dia menyaksikan pertunjukan wayang kulit secara langsung.

Baca juga : Menkes Pastikan Indonesia Kebagian Vaksin Covid-19

Menurutnya, pertunjukannya sangat mengagumkan. ia sangat tertarik dengan kreativitas dalang dalam mengemas cerita rakyat dengan gaya modern. "Keselarasan alunan musik gamelan yang mengiringi dalang dalam memainkan alur cerita sangat bagus,” kata Renkovskaya, yang seorang peneliti dan ahli bahasa.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.