Dark/Light Mode

Promosikan Budaya Indonesia, KBRI Moskow Gelar Wayang Kulit

Selasa, 22 September 2020 20:42 WIB
Suasana pertunjukan wayang kulit di KBRI Moskow yang dihadiri warga Rusia (21/9). (Foto: KBRI Moskow)
Suasana pertunjukan wayang kulit di KBRI Moskow yang dihadiri warga Rusia (21/9). (Foto: KBRI Moskow)

 Sebelumnya 
Warga lainnya, Aleksey Dyukov sengaja menyempatkan diri untuk datang melihat pertunjukan wayang kulit ini. Sebelum ia berangkat ke bandara, dan terbang ke Kota Samara, Rusia. Dia mengaku tertarik melihat budaya Indonesia. Dan ini adalah pertama kalinya dia melihat pertunjukan wayang secara langsung.

Ia mengatakan, cerita yang dimainkan sangat ringan. Dan lucu. "Saya dan isteri banyak tertawa dan terpukau oleh permainan dalang,” ucap Dyukov.

Kepala Studio "Painting and Graphics" Galina Vorobyova yang juga Kepala Teater Bayangan KOT (Oriental Chamber Theatre) di Moskow, juga menyampaikan kesan positif usai menyaksikan pertunjukan wayang kulit. Dan mengusulkan penyelenggaraan kegiatan bersama.

Baca juga : Promosikan 10 Bali Baru, KBRI Moskow Gandeng Samara

Di tempat sama, Ekaterina Kamilova, salah seorang penabuh gamelan dari sanggar “Gamelan Dadali” mengatakan, sudah tiga tahun menekuni gamelan di KBRI Moskow.

Menurut Indonesianis yang pernah mengikuti program Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) tahun 2017, pertunjukan wayang ini sangat menyenangkan. Karena dapat melihat kepuasan reaksi penonton yang hadir yang seperti terbawa suasana. "Penonton dapat tersenyum, tertawa, atau serius menyimak cerita dan iringan musik gamelan hingga akhir pertunjukan," tutur Kamilova.

Sebelum menyaksikan pertunjukan, para penonton mengikuti workshop wayang kulit yang disampaikan Tri Koyo. Dalam dialog interaktif terdapat di antara penonton yang bertanya mengenai wayang kulit. Bahkan ada yang maju ke depan untuk melihat dan memegang langsung wayang kulit.

Baca juga : Bahasa Asing Bisa Hambat Masuknya FDI, Indonesia Mesti Belajar Dari Vietnam

Para penonton merasakan juga tradisi masyarakat Indonesia saat menonton wayang kulit. Mereka menikmati jagung dan ubi rebus yang disuguhkan KBRI Moskow. Wedang jahe turut menghangatkan tubuh mereka di tengah suhu malam hari di Moskow yang lumayan dingin di musim gugur.

Minister Counsellor Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya KBRI Moskow, Adiguna Wijaya menjelaskan, pertunjukan wayang kulit adalah sebagai bagian dari promosi budaya Indonesia kepada masyarakat Rusia.

Mengingat situasi pandemi Covid-19, peserta yang diundang terbatas. Kegiatan ini juga memperhatikan protokol kesehatan. Seperti pemeriksaan suhu tubuh, penyediaan masker dan hand sanitizer, serta menjaga jarak tempat duduk.

Baca juga : Menkes Pastikan Indonesia Kebagian Vaksin Covid-19

Promosi budaya Indonesia di Rusia gencar dilakukan KBRI Moskow. Sebelumnya, pada 19 September 2020 “Gamelan Dadali” KBRI Moskow menampilkan pertunjukan gamelan. Pada pembukaan pameran desain dan sketsa karya para desainer muda Rusia di Pop Up Museum di Moskow.

Pertunjukan tersebut juga mendapat sambutan yang hangat dan meriah dari para pengunjung yang hadir. Mereka terkesan dengan alat musik dan bunyinya seperti sebuah orkestra yang artistik dan eksotik. Promosi budaya terus diselenggarakan KBRI Moskow. Untuk mendukung upaya meningkatkan jumlah wisatawan Rusia ke Indonesia yang makin meningkat. [PYB]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.