Dark/Light Mode

Kedubes Korea Selatan Rayakan Hari Kebangsaan Secara Virtual

Senin, 5 Oktober 2020 10:55 WIB
Dubes Park Tae-sung memberikan sambutan saat memperingati Hari Kebangsaan Korsel via Instagram, Sabtu (3/10).
Dubes Park Tae-sung memberikan sambutan saat memperingati Hari Kebangsaan Korsel via Instagram, Sabtu (3/10).

RM.id  Rakyat Merdeka - Perayaan Hari Kebangsaan Korea Selatan tidak kehilangan kemeriahannya, meski harus dilaksanakan online. Kedutaan Besar Korea Selatan di Indonesia mengadakan serangkaian acara interaktif yang busa diikuti netizen Indonesia.

Ada diskusi mengenai makanan khas Korea, Instagram live dengan sejumlah artis ibukota, virtual tour ke spot wisata andalan Korsel hingga pertunjukan seni tradisional Korsel.

Perayaan tahun ini mengangkat slogan "berjuang bersama", seiring dengan harapan Korea Selatan dan Indonesia untuk dapat menghadapi pandemi Covid-19.

Instagram dipilih sebagai sarana untuk mengunggah beragam konten yang dibuat oleh Kedutaan besar Korea Selatan karena masyarakat Indonesia dipandang aktif menggunakan Instagram.

Baca juga : Kecap Sedaap Gelar Cooking Battle Menantu Mertua Secara Virtual

Upacara perayaan Hari Kebangsaan Korsel, Sabtu (3/10), dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Korea Selatan, Aegukga, yang dinyanyikan oleh pemuda-pemudi Indonesia yang mengenyam pendidikan Bahasa Korea.

Upacara dilanjutkan dengan kata sambutan dari Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Park Teu-sung. Park mengatakan, bahwa selebrasi ini dilakukan secara virtual agar masyarakat juga dapat menikmati berbagai perayaan yang diadakan.

Dia menyebut Korsel dan Indonesia sudah seperti saudara dekat yang saling mendukung di saat susah dan senang, terutama di kondisi pandemi Covid-19. "Indonesia sudah seperti saudara kandung kami. Persahabatan Korea dan Indonesia sudah terjalin selama lebih dari 100 tahun, sejak diaspora korea bermigrasi ke Indonesia," ujarnya, dalam sambutan via Instagram Kedubes Korsel, Sabtu (3/10).

"Presiden Moon Jae-in dan Presiden Joko Widodo pun memiliki hubungan yang erat,” sambungnya.

Baca juga : Satgas: Masyarakat Ujung Tombak Penanganan Virus Covid-19

Dia pun menggarisbawahi hubungan kedua negara yang telah terjalin di tingkat yang lebih tinggi, yakni menjadi Kemitraan Strategis Khusus (Special Strategic Partnership), sejak kunjungan kenegaraan Presiden Moon Jae-in ke Indonesia pada 2017 lalu.

“Di kawasan Asia Tenggara, kemitraan tersebut hanya dimiliki oleh Indonesia dan Korea. Ruang lingkup kerja sama strategis antara kedua negara pun diperluas hingga diplomasi pertahanan, ekonomi, dan kebudayaan,” ujarnya.

Park berharap, kerjasama investasi dan industri antara kedua negara dapat terus ditingkatkan, agar dapat memulihkan kondisi ekonomi kedua negara dari tekanan akibat pandemi Covid-19.

Selain itu dia juga menyatakan, bahwa Korsel berkomitmen untuk terus bekerja sama dan berjuang dengan Indonesia dalam menghadapi masa sulit di tengah pandemi. Park juga menyebut diaspora masing-masing negara sebagai bagian penting dari hubungan kedua negara.

Baca juga : Ini Pesan Jokowi Di Hari Kesaktian Pancasila

“Warga Korea yang menetap di Indonesia mencapai 30.000 orang, dan warga Indonesia yang tinggal di Korea mencapai 40.000 orang. Mereka memiliki peran penting dalam menjembatani dan menjalin persahabatan antara kedua negara,” paparnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.