Dark/Light Mode

Masyarakat Hindu Bali Di Denmark Rayakan Nyepi Bareng di KBRI Kopenhagen

Minggu, 10 Maret 2019 11:08 WIB
Suasana perayaan Nyepi di KBRI Copenhagen, Denmark (Foto: KBRI Copenhagen)
Suasana perayaan Nyepi di KBRI Copenhagen, Denmark (Foto: KBRI Copenhagen)

RM.id  Rakyat Merdeka - Masyarakat Hindu Bali di Denmark berkumpul dan merayakan Hari Suci Nyepi dan Tahun Baru Saka 1941 di KBRI Kopenhagen, Sabtu (9/3).

Perayaan diawali dengan persembahan tari Tejang Renteng, dan diikuti dengan persembahyangan bersama bhakti kepada Tuhan Hyang Maha Esa. ”Perayaan Hari Suci Nyepi memberikan inspirasi kepada kita semua, untuk selalu menjaga keharmonisan hidup sebagai jalan menuju kebahagiaan,” ujar Dubes RI untuk Denmark, M Ibnu Said, dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga : Waspada Fenomena Supermoon Malam Ini

”Perbedaan latar belakang agama, latar belakang suku, latar belakang budaya bukanlah penghalang bagi kita untuk bersatu dan bukanlah penghalang bagi kita untuk hidup rukun dalam keharmonisan. Oleh karena itu, marilah kita selalu berpegang teguh pada Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika, serta berkontribusi terhadap persatuan dan kemajuan bangsa Indonesia,” lanjutnya.

Perayaan tersebut terselenggara atas kerja sama yang telah terjalin erat antara kelompok masyarakat Indonesia di Kopenhagen, Krama Bali Denmark (KDB), dengan KBRI Kopenhagen.

Baca juga : Pojok Indonesia Pertama Di Iran

Perayaan Tahun Baru Saka ini dimeriahkan oleh sekitar 100 orang peserta, dimana diaspora Indonesia dan masyarakat Denmark juga banyak yang turut hadir. ” Saat ini, terdapat sekitar 50-an warga Hindu Bali di Denmark. Kami sangat bahagia dapat merayakan Nyepi bersama di KBRI Kopenhagen, dan terdapat juga warga Denmark yang ikut merayakan bersama,” ujar I Gede Widana, Ketua Krama Bali Denmark.

Tarian tradisional Bali ditampilkan untuk meramaikan perayaan Nyepi. Antara lain tari Panyembrana, Topeng Keras, Sekar Jagad, Topeng Tua, Kupu-kupu, dan Joged Bungbung.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.