Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

European Research Days 2020 Digelar Dari 19 Hingga 26 Oktober

Selasa, 20 Oktober 2020 12:45 WIB
Duta Besar Uni Eropa Untuk Indonesia Vincent Piket (kiri) bersama Menteri Riset dan Teknologi dan Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro membuka European Research Days Senin (19/10/2020) lalu.
Duta Besar Uni Eropa Untuk Indonesia Vincent Piket (kiri) bersama Menteri Riset dan Teknologi dan Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro membuka European Research Days Senin (19/10/2020) lalu.

RM.id  Rakyat Merdeka - Perwakilan Uni Eropa di Jakarta bersama Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Indonesia (Kemenristek/BRIN) menyelenggarakan European Research Days (ERD) 2020, bertemakan Boost Your Research Career in Europe pada 19 hingga 26 Oktober.

Kegiatan yang difasilitasi EURAXESS ASEAN ini sangat istimewa, di mana Uni Eropa menyelenggarakan webinar untuk mempromosikan proyek kerja sama baru dalam penelitian dan inovasi, antara Indonesia dan Eropa.

Mereka akan memperkenalkan keunggulan Eropa di bidang penelitian, berbagai peluang pendanaan dan kerja sama penelitian. Kesempatan penelitian tersebut terbuka bagi para peneliti, dosen dan akademisi dari berbagai bidang penelitian dan untuk seluruh Indonesia serta ASEAN.

"Riset dan inovasi merupakan inisiatif global yang semakin membutuhkan kerja sama antara banyak mitra guna menawarkan solusi terhadap tantangan global yang tidak mengenal batas negara, seperti pandemi Covid-19," ujar Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Vincent Piket saat membuka even ini, Senin (19/10).

Baca juga : Erasmus Days 2020, Alumni Diajak Peduli Lingkungan

"Sejak pandemi ini merebak, kegiatan penelitian dan inovasi Uni Eropa telah menjadi salah satu andalan kami yang paling berdampak untuk mengatasi penyakit tersebut," lanjutnya.

Hingga September ini, lanjut Piket, Uni Eropa telah menginvestasikan 458,9 juta euro, atau sekitar Rp 8 triliun dari program Horizon 2020, untuk penelitian dan inovasi yang secara khusus menangani pandemi Covid-19.

“Selain Covid-19, Uni Eropa berkomitmen untuk mengatasi tantangan terbesar saat ini, yaitu perubahan iklim," lanjutnya.

Piket menambahkan, Uni Eropa sangat bangga dengan kerjasama jangka panjang dengan Indonesia di bidang penelitian dan teknologi. "Peluang itu akan baik untuk ekonomi, masyarakat, dan hubungan Uni Eropa dengan Indonesia," lanjutnya lagi.

Baca juga : Pendaftaran Anugerah Jurnalistik Pertamina Diperpanjang Hingga 31 Oktober 2020

Piket mengungkapkan, Uni Eropa telah mengalami pertumbuhan yang stabil, dan bangga dengan hasil yang baik di Horizon 2020. Terutama dengan partisipasi 187 proyek dari peneliti dan institusi Indonesia.

Prioritas pertama adalah untuk penelitian dan inovasi untuk menanggapi pandemi virus Corona, dan yang kedua, untuk mengatasi perubahan iklim global.

Dalam kesempatan ini, para peneliti dari European Research Council (ERC) antara lain Jerman, Austria, Prancis, Belanda, Slovakia, Finlandia, dan Luksemburg akan memperkenalkan keunggulan Eropa di bidang penelitian, berbagai peluang pendanaan dan kerja sama penelitian.

Kesempatan penelitian tersebut terbuka bagi para peneliti, dosen dan akademisi dari berbagai bidang penelitian dan untuk seluruh Indonesia serta ASEAN.

Baca juga : Polda Metro Jaya Kejar Dalang Kerusuhan 8 Oktober

European Research Day dirancang untuk memajukan karir peneliti Indonesia, dengan memberikan peluang untuk melakukan penelitian di Eropa bersama mitra Eropa. Serta menghasilkan publikasi dan inovasi, yang akhirnya dapat memberikan manfaat bagi pembangunan sosial dan ekonomi di Indonesia.

Uni Eropa telah lama mendukung kerja sama internasional dalam kegiatan riset, menuju masyarakat dan ekonomi yang lebih berkelanjutan dan kompetitif. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.