Dark/Light Mode

Duta Besar Amerika Serikat Untuk Indonesia Joseph Donovan

Rayakan Hari TB Sedunia Di Borobudur

Selasa, 12 Maret 2019 12:07 WIB
Duta Besar AS Joseph R. Donovan, Jr, bersama dengan Direktur Jenderal Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Dr. Anung Sugihantono, dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memperingati Hari Tuberkulosis (TBC) Sedunia Di Candi Borobudur. (Foto : id.usembassy.gov).
Duta Besar AS Joseph R. Donovan, Jr, bersama dengan Direktur Jenderal Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Dr. Anung Sugihantono, dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memperingati Hari Tuberkulosis (TBC) Sedunia Di Candi Borobudur. (Foto : id.usembassy.gov).

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes)  Serikat (AS) untuk Indonesia Joseph Donovan bersama Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Indonesia Anung Sugihantono dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, memperingati Hari Tuberkulosisi (TB) sedunia di Taman Lumbini kawasan Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) Magelang, Minggu (10/3).

Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan perayaan 70 tahun kemitraan atau hubungan diplomatik AS-Indonesia, serta pembukaan pameran edukasi TBC “A Story of Hope”. Hadir juga dalam acara ini GM Taman Wisata Candi Borobudur (TWC) I Gusti Putu Ngurah Sedana.

Duta Besar Joseph Donovan (kiri) menerima wayang kulit dari Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Perayaan menyoroti kemitraan panjang antara AS dan Indonesia dalam memerangi TB dan seruan kelanjutan kerja sama menuju Indonesia Bebas TB pada 2030.

Baca juga : Bikin Bazar Perayaan Hari Perempuan Internasional

Dubes Donovan mengatakan, TB masih menjadi penyebab kematian utama di Indonesia. Selama 20 tahun AS dan Indonesia menggabungkan kekuatan untuk memerangi TB.

“Dan kami bangga bahwa kerja sama ini telah memberikan manfaat bagi 700 ribu orang yang terkena TB,” ujar Donovan.

Dia berharap, Indonesia bisa bebas TB pada 2030 demi masa depan bangsa yang sejahtera serta sehat.

Baca juga : Rayakan 70 Tahun Hubungan Diplomatik Sajikan ‘Italy: The Beauty of Knowledge’

Di Indonesia, Pemerintah AS melalui USAID, menjadi yang terdepan dalam perang melawan TB melalui berbagai program dan kemitraan selama dua dekade.

“Melalui pendekatan baru, Global Accelerator to End TB, kami bermitra untuk menggabungkan kekuatan investasi, komitmen bersama dan solusi lokal untuk semakin menurunkan beban TBC di Indonesia,” terang Direktur USAID Erin E McKee.

Pada rangkaian acara ini, Kementerian Kesehatan RI juga meluncurkan kampanye investigasi kontak nasional.

Baca juga : Hujan-hujanan Dalam Parade Damai 100 Tahun Samil Undong

Menurut Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Anung Sugihantono, investigasi kontak bertujuan untuk menemukan pasien TB dan TB laten, yaitu pasien yang tidak atau belum menunjukkan gejala. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.