Dark/Light Mode

Dorna Resmi Umumkan Indonesia Jadi Tuan Rumah MotoGP

Minggu, 24 Februari 2019 08:51 WIB
Proyek Sirkuit Mandalika di Lombok. (Foto : istimewa)
Proyek Sirkuit Mandalika di Lombok. (Foto : istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tuntas sudah penantian panjang fans MotoGP Indonesia, agar event bergengsi tersebut bisa digelar di Tanah Air. Dalam laman resminya, Dorna Sport SL selaku penyelenggara balapan kuda besi, mengumumkan penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah Moto GP tahun 2021-2023. 

Rilis resmi tersebut sekaligus mengonfirmasi kebenaran berita yang belakangan ini bereda, terkait ditetapkannya Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat sebagai tuan rumah ajang balap motor bergengsi dunia pada tahun 2021-2023. Tidak hanya untuk kejuaraan MotoGP, tetapi juga WorldSBK.

Baca juga : Menpora: Doakan Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

“Betapa uniknya proyek ini. Bisa memiliki sirkuit urban bertaraf dunia,  di negara yang sangat banyak memiliki penggemar MotoGP,” tulis CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta di laman MotoGP, Sabtu (23/2). “Indonesia adalah pasar kunci bagi kami dengan persentasi fans balap yang cukup tinggi. Atmosfer MotoGP bakal lebih kuat sekali,  jika sirkuit ini rampung,” tambahnya.

Ezpeleta bilang, di salah satu kawasan terpadu wisata berskala besar di Indonesia itu tak hanya akan digelar MotoGP. Dorna juga akan menambahkan Lombok dalam kalender WolrdSBK dalam setahun. “Dengan menambahkan Lombok dalam kalender World- SBK,  tawaran ini menjadi semakin atraktif bagi penggemar lokal. Sebab, punya 2 event dunia dalam setahun,” terangnya.

Baca juga : Kopi Indonesia Jadi Favorit Pameran Luxor

Seperti diberitakan, Dorna dan Indonesia Tourism Development (ITDC) telah mencapai kesepakatan di Madrid, Spanyol pada 28 Januari lalu. Sesi penandatanganan kontrak tersesebut dihadiri CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta dan CEO ITDC, Abdulbar M. Mansoer. Disaksikan pula oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Spanyol, Hermono.

Mulai akhir tahun ini, ITDC akan membangun trek berjenis street circuit sepanjang 4,32 km yang terdiri dari 18 tikungan. Pembangunan ini diharapkan rampung pada 2020. Setelahnya, trek tersebut akan menjalani proses homologasi dari FIM.

Baca juga : Menpora Yakin Indonesia Bisa Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

“Kami sangat gembira bisa bekerja sama dengan Dorna untuk membawa event motorsport bertaraf dunia ke Indonesia, dan Mandalika di Lombok,” kata Abdulbar dalam rilis yang ditayangkan MotoGP.com, Sabtu (23/2).

Sebetulnya, Indonesia sudah pernah berstatus tuan rumah MotoGP. Namun, saat itu masih bernama GP 500cc. Kejuaraan itu digelar di Sirkuit Sentul, Jawa Barat pada 1996 dan 1997. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.