Dark/Light Mode

Keren, SMA Ini Juara Folklore Festival 2019 Di Amsterdam

Selasa, 12 Maret 2019 22:47 WIB
Tim Kesenian SMAN 28 Jakarta (Dok. Pribadi)
Tim Kesenian SMAN 28 Jakarta (Dok. Pribadi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bendera Indonesia berkibar dan lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang di Amsterdam Belanda, Minggu kemarin. Ini berkat Tim Kesenian SMAN 28 Jakarta menjadi juara 1 dalam event International Folklore Festival in Amsterdam 2019. Event ini diselenggarakan European Association of Folklore Festivals (EAFF). Berlangsung pada 7 hingga 10 Maret 2019, di Podium Mozaiek, Amsterdam.

Di Event itu, Tim Kesenian SMAN 28 Jakarta menampilkan Tari Janger Bali. Mereka mengalahkan 75 tim/peserta lain dari 15 negara yang ikut serta. Di antaranya dari Amerika Serikat, Jerman, Israel, Malaysia, Rusia, Romania, Kroatia, Perancis, Serbia, Yunani, Bulgaria, dan Turki.

Baca juga : Nonton Gratis Film Dalam Festival Sinema Australia

Ketua Folklore SMAN 28 Dinda Mauritsa Dina Hag mengaku sangat gembira bisa menjadi misi budaya dan sukses mengharumkan nama bangsa di dunia internasional. “Senang sekali bisa menjadi yang terbaik. Piala, tropi, dan piagam saya persembahkan untuk Indonesia," kata Dinda, dalam keterangan yang diterima redaksi, Selasa (12/3).

Ia berharap, ke depannya Indonesia bisa terus berpartisipasi dalam misi budaya dan bisa terus mengharumkan nama bangsa. "Ke depan, semoga bisa lebih baik lagi," tambah siswa kelas 11 tersebut.

Baca juga : Sesmenpora : Semoga Indonesia Juara ASG 2019

Mengenai pilihan tari Janger Bali, dia menyebut karena mengandung pesan tentang pemuda-pemudi yang bersemangat dan ceria untuk membangun negara. Tim Folklore menyampaikan terima kasih ke sekolah, para orang tua, dan negara yang telah memberikan dukungan luar biasa dalam event tersebut.

Ini bukan prestasi pertama untuk SMAN 28. Sebelumnya, SMAN 28 Jakarta telah meraih Grand Prix dalam Sea Sun Festival, Lloret De Mar, Spanyol (2016) dengan tarian sancang Gugat dari Jawa Barat. Kemudian, meraih Grand Prix dalam World cup of Folklore, Bulgaria (2017) dengan tarian Enggang Babalian dari Kalimantan. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.