Dark/Light Mode

Duta Besar Inggris Untuk Indonesia Moazzam Malik

Ungkap Resep Jakarta-London Lengket Sampai 70 Tahun

Rabu, 13 Maret 2019 13:31 WIB
Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir bersama Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik (kanan) berjabat tangan saat menghadiri acara Peringatan 70 tahun Hubungan Diplomatik antara Inggris dan Indonesia di Jakarta, Selasa (12/3). (Foto : M QORI HALIANA/rakyat merdeka).
Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir bersama Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik (kanan) berjabat tangan saat menghadiri acara Peringatan 70 tahun Hubungan Diplomatik antara Inggris dan Indonesia di Jakarta, Selasa (12/3). (Foto : M QORI HALIANA/rakyat merdeka).

RM.id  Rakyat Merdeka - Hubungan diplomatik Inggris-Indonesia sudah menginjak kepala tujuh, tahun ini. Keakraban selama 70 tahun ini tidak didapat begitu saja.

Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik membeberkan rahasianya dalam konferensi pers di Kedutaan Besar Inggris, Jakarta, kemarin. “Ada banyak hal yang kita lakukan bersama untuk mencapai hubungan yang sekarang ini,” ujar Dubes Malik yang juga ditemani Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir.

“Hubungan kedua negara yang sangat baik ini tentu masih bisa dikembangkan lagi. Tapi, kali ini mari saya sampaikan tujuh hal yang bikin kedua negara akrab,” ujar Malik.

Baca juga : Rayakan Hari TB Sedunia Di Borobudur

Hal pertama yang menjadi perekat ada di sektor pariwisata. “Wisatawan Inggris yang datang ke Indonesia pada 2018 ada 391.820. Angka ini jauh lebih besar dari wisatawan Amerika Serikat dan negara Eropa lain yang ke Indonesia di tahun yang sama,” katanya.

“Kedua yaitu kebudayaan. Kita punya kesamaan dari sisi keberagaman masyarakat, multietnis, multiagama,” paparnya. Kemudian, bentuk negara yang terdiri dari ribuan pulau menjadi perekat berikutnya. Sektor keempat adalah olahraga.

“Semua tahu Indonesia dan Inggris sama-sama gila bola dan bulu tangkis. Kita sangat menyukai dua olahraga ini,” lanjutnya.

Baca juga : Rayakan 70 Tahun Hubungan Diplomatik Sajikan ‘Italy: The Beauty of Knowledge’

Kemudian, sektor lainnya adalah kuliner dan musik. “Warga Inggris merupakan pencinta kuliner Indonesia. Sama cintanya dengan kebudayaan Indonesia yang kaya,” ujar Dubes pecinta sepakbola.

“Dan terakhir adalah bendera Inggris Union Jack yang begitu populer di sini,” tambahnya. Dia menyebut, banyaknya ornamen kebudayaan populer Indonesia yang memasukkan Union Jack pada karya mereka.

“Kita dekat sampai ke darah daging. Ini yang bikin kita lengket dan langgeng sampai 70 tahun,” ujar Malik.

Baca juga : Luncurkan Pelatihan Bahasa Untuk Guru di Kampung Pare

Perayaan 70 tahun hubungan kerja sama Inggris dan Indonesia akan dilakukan salah satunya dengan London Book Fair pada pekan ini. Selain itu, akan ada program-program kebudayaan yang diselenggarakan di Inggris.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.