Dewan Pers

Dark/Light Mode

Perlancar Bahasa Indonesia, Mahasiswa INALCO Nobar Film “Eliana”

Rabu, 28 Oktober 2020 21:43 WIB
Perlancar Bahasa Indonesia, Mahasiswa INALCO Nobar Film “Eliana”

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagai upaya pengenalan Bahasa dan Budaya Indonesia, Departemen Asia Pasifik, Institut National des Langues et Civilisations Orientales (INALCO) menggelar nonton bareng (nobar) film Indonesia.

INALCO adalah sebuah institut nasional yang terkenal di Paris, Prancis. Institut ini mengkhususkan mempelajari bahasa dan peradaban oriental. Sejak 1975, Bahasa Indonesia menjadi salah satu yang dipelajari dan diajarkan di kampus tersebut.

INALCO juga menjadi salah satu dari empat lembaga di Prancis yang menawarkan pembelajaran Bahasa Indonesia, selain di Universitas Le Havre, Universitas La Rochelle dan KBRI Paris.

Berita Terkait : Dua Siswa Indonesia Ikut Meriahkan IFLC

Kali ini, film yang dipilih berjudul “Eliana” karya Riri Riza. Film berdurasi 83 menit itu dibintangi oleh Rachel Maryam Sayidina (Eliana), Jajang C. Noer (Ibu), Arswendi Nasution (Pengemudi Taxi), Henidar Amroe (Heni), Marcella Zalianty (Ratna), Indra Birowo (lelaki).

Film ini bercerita tentang perdebatan seorang ibu yang berusaha membawa kembali anaknya (Eliana) ke Sumatera. Bermacam masalah dan kendala dialami mereka selama satu malam, menjadikan hari tersebut adalah hari yang berat bagi Eliana.

Meski kapasistas ruangan cukup untuk 200 orang, namun karena protokol kesehatan, jumlah penonton dibatasi hanya 75 orang. Para penonton terdiri dari mahasiswa dan dosen INALCO, serta para tamu undangan.

Berita Terkait : Prancis Masih Pandemi, Belajar Bahasa Indonesia Pun Digelar Daring

Salah satu pengajar Bahasa Indonesia dan juga koordinator kegiatan ini, Prof. Jerome Samuel dalam sambutan pembukaannya menyampaikan, program ini diadakan dalam rangka memperkenalkan sekaligus pembelajaran bagi mahasiswa untuk mampu mendengar, kemudian memahami Bahasa Indonesia melalui percakapan.

Sementara Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) Kedutaan Besar RI (KBRI) Paris, Prof. Warsito yang juga turut hadir dalam kegiatan tersebut dalam sambutan menyatakan, bahwa KBRI Paris mendukung penuh program ini. Dia juga berharap, mahasiswa INALCO aktif mengikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan KBRI Paris. Seperti lomba pidato, lomba video, dan kegiatan promosi seni budaya Indonesia lainnya.

Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) di antara yang menyambut dengan antusias pemutaran film ini. Ketua PPI Paris, Firman Danny Nirawan menilai, acara seperti ini bagus, karena dapat menyaksikan film Indonesia pilihan.

Berita Terkait : Erick Bangga, BUMN Indonesia Dipercaya Pasar Global

“Sebaiknya, publikasi acara dapat lebih dimaksimalkan. Kalau perlu, mengundang tim produksi dan sutradaranya untuk bisa berdiskusi,” ujarnya. [RUS]