Dark/Light Mode

Sowan Ke Malang, Dubes China Kagumi Arsitektur Hotel Tugu

Jumat, 15 Maret 2019 07:16 WIB
Duta Besar China Untuk Indonesia Xiao Qian
Duta Besar China Untuk Indonesia Xiao Qian

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tengah jadwal kunjungannya ke kota Malang, Jawa Timur, Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian tidak lupa menikmati suasana di sekelilingnya. Dubes Xiao mengaku terkesan dengan arsitektur dan tatanan dekorasi Hotel Tugu, tempat dia menginap.

“Hotel itu sangat mengesankan. Detail dekorasi, seperti pengaturan lukisan, meja dan ornamen lainnya sungguh indah,” pujinya saat berkunjung ke Balai Kota.

Hotel Tugu Malang merupakan salah satu hotel tua di Kota Malang. Terletak di pusat kota, persis di depan Alun-Alun Tugu, dan bersebelahan dengan Balai Kota Malang.  Hotel tersebut menyajikan pengalaman tersendiri bagi pengunjung.

Baca juga : Dinasehati Mahathir Soal Utang China, Duterte Tutup Kuping

Hotel tersebut bagaikan museum yang memamerkan barang antik dengan tema yang sangat unik. Ada beberapa ruang dengan tema tertentu yakni Ruang Raja, Bangsal Merah, Ruang Baba, Tirta Gangga, dan Ruang Soekarno.

Dubes Xiao menambahkan, meskipun dirinya baru pertama kali menginjakkan kaki di Malang, nuansa wisata ditambah kebersihan kota, dan masyarakat yang ramah, menjadikan kunjungan kerja tersebut meninggalkan kesan yang sangat mendalam.

“Walaupun saya baru saja berada di Kota Malang, saya bisa merasakan bahwa kota ini bersih, rapi, stabil, makmur, dan masyarakatnya sangat ramah, semua ini meninggalkan kesan sangat indah bagi saya,” pujinya.

Baca juga : Kunker Ke Semarang, Menpora Nyanyi Bareng Pengamen

Kedatangan Dubes Xiao ke Malang merupakan upaya penjajakan kerja sama di sektor pariwisata. Pemerintah China, terang Xiao, melihat Malang memiliki nilai jual tinggi bagi wisatawan asing. Negaranya bisa memberikan fasilitasi kepada Pemerintah Kota Malang untuk mempromosikan wisata bagi masyarakat China, supaya kunjungan wisatawan bisa bertambah.

“Kota Malang memiliki sumber daya pariwisata yang melimpah, dan kami bersedia memberikan fasilitas untuk Malang melakukan promosi pariwisata di China,” kata Xiao, di Balai Kota Malang, Jawa Timur, Rabu (13/3).

Wali Kota Malang Sutiaji mengapresiasi kedatangan Dubes Xiao. Dia menyebut jika kedatangan tersebut merupakan kehormatan yang membawa hubungan bilateral lebih kuat. Selain mengincar kerja sama sektor pariwisata, China juga menjajaki kerja sama di bidang pendidikan, perdagangan dan investasi. Sutiaji yakin, kerja sama dengan China akan menguatkan perekonomian kota Malang.

Baca juga : Ajak Militer Lawan Maduro

“Kami selalu membuka pintu untuk kerja sama serta investasi yang masuk. Selama hal ini tidak merugikan pastinya akan diterima demi kemajuan Malang,” ujar Sutiaji.[DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.