Dark/Light Mode

WNI Di Swedia dan Latvia Kenalan Dengan Dubes Baru Kamapradipta Isnomo

Minggu, 8 November 2020 23:25 WIB
WNI Di Swedia dan Latvia Kenalan Dengan Dubes Baru Kamapradipta Isnomo

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia/KBRI Stockholm pada 7 November 2020 menyelenggarakan silaturahmi online dengan masyarakat Indonesia di Swedia dan Latvia untuk memperkenalkan Dubes RI untuk Kerajaan Swedia merangkap Republik Latvia, Kamapradipta Isnomo, beserta keluarga.

Kegiatan dilakukan dengan menggunakan media Zoom dan YouTube, dikarenakan adanya batasan berkumpul oleh Pemerintah Swedia, karena pandemi Covid-19.

Disampaikan Dubes Kama, dalam masa penugasannya, terdapat beberapa prioritas dalam peningkatan hubungan bilateral, yaitu dalam bidang perekonomian, perlindungan WNI, kerja sama riset dan pendidikan tinggi, serta kerja sama kesehatan. Baik terkait dengan penanganan pandemi Covid-19 dan juga potensi kerja sama kesehatan lainnya.

Baca juga : Biden: Kami Akan Menang Dengan Dukungan Mayoritas

Selain itu, Ia akan terus melanjutkan diplomasi kebudayaan dan secara khusus siap untuk terlibat secara aktif dengan WNI di Swedia dan Latvia serta penguatan kerja sama antar-parlemen dan interfaith-relations antara Indonesia, Swedia dan Latvia.

"Penugasan ini merupakan amanah bagi Kami. Segala sesuatu yang baik akan diteruskan dan semoga dengan penugasan ini, dapat terus semakin mempererat dan meningkatkan hubungan bilateral, antara Indonesia dengan Swedia dan juga dengan Latvia," ujar Dubes yang pernah bertugas di New York, Jenewa dan Melbourne.

Dubes Kama juga memperkenalkan Istri, Ria Rafika Sari, beserta ketiga putrinya yang akan mendampingi dalam penugasan sebagai Duta Besar.

Baca juga : Dari Polman, Mentan Genjot Produksi Kedelai Dengan Kemitraan

Dalam kesempatan tersebut, Kama mengingatkan WNI di Swedia dan Latvia untuk terus meningkatkan kewaspadaan terhadap pandemi Covid-19 dengan tetap mengikuti rekomendasi serta protokol kesehatan yang dianjurkan Pemerintah setempat.

"Sekiranya memungkinkan agar work from home, hindari kepadatan di transportasi umum dan ruangan tertutup, seperti toko, mall, museum, perpustakaan, dan menghindari berbagai kegiatan pertemuan maupun perkumpulan di luar anggota keluarga inti," imbaunya.

KBRI, tambahnya, juga siap membantu WNI yang mengalami masalah kesehatan maupun masalah lainnya yang terkait dengan pandemi Covid-19 melalui hotline KBRI.

Baca juga : Menariknya Kabinet Baru Selandia Baru

Pertemuan online tersebut dihadiri sejumlah komunitas masyarakat Indonesia di Swedia dan Latvia. Ada No Limit Ministry, Komunitas Katolik Indonesia di Swedia (KKIS), Persekutuan Reform Injili Indonesia (PRII), Pengajian Al-Ikhlas, Perkumpulan Banjar Bali, Indonesiska KulturFöreningen Göteborg, Svensk-Indonesiska Sällskapet (SIS), Indonesiska Föreningen Göteborg, Svensk-Indonesiska Bagusföreningen Malmö, perwakilan WNI di Latvia, dan perwakilan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Swedia.

Sebelum dilantik menjadi Dubes RI di Swedia dan Latvia, Dubes Kama menjabat sebagai Direktur Sosial Budaya dan Organisasi Internasional Negara Berkembang, Direktorat Jenderal Kerja Sama Multilateral, Kementerian Luar Negeri. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.