Dark/Light Mode

Kenalkan, Lidya Alemayu, Pelajar Ethiopia Umur 9 Tahun Yang Fasih Bahasa Indonesia Dan Ingin Belajar Di Sini

Minggu, 6 Desember 2020 16:00 WIB
Duta Besar Indonesia di Addis Ababa, Al Busyra Basnur, berkunjung ke Sekolah Dasar St. Paul Catholic Elementary School, di Alem Tena, Ethiopia, Jumat (4/12). (Foto: KBRI Addis Ababa)
Duta Besar Indonesia di Addis Ababa, Al Busyra Basnur, berkunjung ke Sekolah Dasar St. Paul Catholic Elementary School, di Alem Tena, Ethiopia, Jumat (4/12). (Foto: KBRI Addis Ababa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lidya Alemayu, pelajar Ethiopia yang usia 9 tahun dan duduk di kelas 3 Sekolah Dasar, ingin sekali belajar di Indonesia atau mengikuti pertukaran pemuda Ethiopia-Indonesia. Lidya pun kini sudah bisa berbahasa Indonesia. 

Jumat (4/12), Duta Besar Indonesia di Addis Ababa, Al Busyra Basnur, berkunjung ke Sekolah Dasar St. Paul Catholic Elementary School, sekolah Lidya, yang terletak di Alem Tena, Ethiopia, sekitar 2,5 jam naik mobil dari kota Addis Ababa. Kesempatan ini digunakan Lidya untuk mengutarakan keinginannya belajar di Indonesia. 

Berita Terkait : Pertukaran Pemuda Antar Negara Dongkrak Mutu SDM Dan Diplomasi Indonesia

“Saya kaget. Lidya menyampaikan keinginannya itu kepada saya dalam bahasa Indonesia. Ia membaca teks tulisan bahasa Indonesia yang ditulis di secarik kertas. Pronounsiasi bahasa Indonesia Lidya bagus,” kata Al Busyra, dalam keterangan yang diterima RMco.id, Minggu (6/12).

Setelah ditelusuri, ternyata Lidya diajarkan bahasa Indonesia oleh Suster Felisitas, seorang warga Indonesia yang bekerja di kongregasi yang mengurus sekolah itu. Sebagian dari sekitar 700 murid di sekolah tersebut juga mengetahui tentang Indonesia. Sehingga banyak yang ingin berkunjung dan belajar di Indonesia. 

Berita Terkait : Perusahaan Indonesia Dan Ethiopia Perlu Saling Berbagi Info Potensi Kerja Sama

Pada kunjungan itu, Al Busyra bertemu dengan kepala sekolah dan menyampaikan paparan singkat di hadapan sejumlah murid di kelas. Al Busyra menyampaikan 1.500 buku tulis kepada murid sekolah yang halaman depan dan belakang buku itu berisi foto-foto dan keterangan dasar tentang Indonesia. 

“Banyak pemuda Ethiopia pernah belajar di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Terdapat sekitar 60 orang alumni Indonesia yang berasal dari Ethiopia,” terangnya. [USU]