Dark/Light Mode

BRI Gandeng BUMDes.id Ciptakan 10 Desa Mandiri

Kamis, 3 Desember 2020 15:10 WIB
Pemberian simbolis pemenang Desa BRILian untuk Desa Manjapai. (Foto: Dok. BRI)
Pemberian simbolis pemenang Desa BRILian untuk Desa Manjapai. (Foto: Dok. BRI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Program Desa BRILian 2020 dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk telah resmi ditutup. Kegiatan inkubasi kawasan pedesaan yang berlangsung sejak September 2020 ini berakhir dengan terpilihnya 10 desa sebagai pemenang Program Desa BRILian 2020.

Mengandeng Badan Usaha Milik Desa (BUMDes.id), untuk mengawal kondisi perekonomian desa di Indonesia selama masa pandemi Covid-19, BRI dan BUMDes.id menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk memulihkan perekonomian desa, memberi literasi dan pelatihan, serta menilai kecakapan desa-desa terpilih atas upayanya untuk tetap maju dan berinovasi selama pandemi.

Baca juga : Gandeng First Media, Viu Hadirkan Hiburan Terbaik Asia

Awalnya, ada 531 desa yang diseleksi BRI untuk terlibat dalam Program Desa BRILian 2020. Dari jumlah tersebut, terpilih 125 desa yang memenuhi empat kriteria di atas.

Ratusan desa ini kemudian mengikuti pelatihan dan program peningkatan kapasitas secara daring, sebelum dinilai untuk menentukan 10 desa paling unggul. Kesepuluh desa terpilih kemudian akan mendapat pendampingan khusus dari BRI bekerja sama dengan Bumdes.id selama 3 bulan. Selain itu, 10 desa tersebut akan menjadi Duta Desa BRILian untuk Program Desa BRILian 2021.

Baca juga : Gandeng Eaton, Datascrip Hadirkan Teknologi UPS Mutakhir

Kesepuluh desa tersebut antara lain Desa Sekapuk Kecamatan Ujung Pangkah Kabupaten Gresik, (Jawa Timur), Desa Tamansari Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi (Jawa Timur), Desa Sumber Agung Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Kubu Raya (Kalimantan Barat), Desa Tebara Kecamatan Waikabukak Kabupaten Sumba Barat (NTT) dan lainnya.

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan, kegiatan ini akan dilanjutkan pada 2021. Program Desa BRILian merupakan salah satu bukti komitmen BRI sebagai salah satu bank BUMN terbesar untuk terus mengembangkan kawasan pedesaan, dan mendorong warga serta pengurus desa agar selalu berinovasi demi peningkatan kesejahteraan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.