Dark/Light Mode

Peringati Tragedi Christchurch, 3.000 Orang Gelar Aksi Damai March for Love

Sabtu, 23 Maret 2019 13:04 WIB
3.000 orang ambil bagian dalam aksi damai March for Live di North Hagley Park, memperingati tragedi penembakan masjid di Christchurch, Selandia Baru. (Foto: Reuters/Jorge Silva)
3.000 orang ambil bagian dalam aksi damai March for Live di North Hagley Park, memperingati tragedi penembakan masjid di Christchurch, Selandia Baru. (Foto: Reuters/Jorge Silva)

 Sebelumnya 
Masjid Linwood yang turut menjadi lokasi penembakan, juga mulai dibuka dengan pengawalan polisi. "Inilah tempat kami beribadah, kami bertemu. Kami pun akan kembali lagi ke sini," ujar Ashif Shaikh, yang mengaku berada di Al Noor saat penembakan terjadi. 2 rekannya ikut tewas dalam aksi brutal Tarrant.

Mayoritas korban yang tewas dalam penembakan tersebut adalah kaum migran dan pengungsi, yang utamanya datang dari Pakistan, India, Malaysia, Indonesia, Turkey, Somalia, Afghanistan, dan Bangladesh.

Berita Terkait : Perempuan Selandia Semangat Berkerudung

Aksi damai 'March for Love' mendapat pengawalan ketat dari petugas kepolisian. "Support ini memberikan harapan dan optimisme kepada kami, bahwa kaum migran dan pengungsi punya kesetaraan," ujar Shila Nair, imigran India yang bekerja untuk Shakti, organisasi advokasi untuk kaum migran.

Shila sengaja datang dari Auckland untuk mengikuti kegiatan ini.

Berita Terkait : Indah, Kristiani Jagain Muslim Salat

PM Jacinda Ardern sebelumnya telah menegaskan bahwa aksi brutal Tarrant, merupakan bentuk terorisme. Ardern yang telah menunjukkan simpatinya kepada dunia atas tragedi kemanusiaan ini, telah melarang penggunaan senjata militer semi otomatis dan senapan serbu, yang sebelumnya banyak dipakai penembak.

"Terima kasih @jacindaardern dan masyarakat Selandia Baru atas dukungan dan empati yang tulus, yang telah memenangkan hati 1,5 milyar penduduk muslim dunia pasca serangan teroris terkutuk itu," ujar Pemimpin Dubai, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum melalui akun Twitter-nya, Jumat (22/3). [HES]