Dark/Light Mode

Dubes Khan: Hubungan Indonesia-Pakistan Meningkat Pasca Kunjungan Jokowi

Sabtu, 23 Maret 2019 18:28 WIB
Dubes Pakistan Abdul Salik Khan (kiri) bersama Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita (Foto: Humas Kemendag)
Dubes Pakistan Abdul Salik Khan (kiri) bersama Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita (Foto: Humas Kemendag)

RM.id  Rakyat Merdeka - Semangat nasionalis dan antusiasme terlihat nyata dalam peringatan Hari Nasional Pakistan di Kedutaan Besar Pakistan, Jakarta, Sabtu (23/3).

Upacara yang berlangsung sederhana itu, dimulai dengan pengibaran Bendera Nasional oleh Duta Besar Abdul Salik Khan. Selanjutnya, pembacaan pesan dari Presiden dan Perdana Menteri Pakistan, yang diterima pada kesempatan itu.

Dalam kesempatan tersebut, Dubes Khan menyoroti prioritas pembangunan pemerintah Pakistan yang progresif, aman, dan ekonomi yang bergairah. Selain itu, juga dipaparkan keberhasilan pemerintah Pakistan di tahun 2018.

Baca juga : Dubes Djauhari Promosikan Bahasa Indonesia di China

Dubes Khan juga menegaskan, sesuai prinsip-prinsip luar negeri Pakistan, pemerintahnya terus berusaha meningkatkan hubungan yang baik dengan negara-negara di seluruh dunia. Termasuk, dengan India yang belum lama ini sempat bersitegang.

"Kami juga mengapresiasi hubungan bilateral yang baik dengan Indonesia, yang terus meningkat sejak kunjungan Presiden Jokowi pada Januari 2018," papar Dubes Khan, dalam keterangan tertulis yang diterima RMCO, Sabtu (23/3).

Untuk pertama kali, hubungan dagang Indonesia-Pakistan tembus di angka 3 milyar dolar AS pada tahun 2018.

Baca juga : Tingkat Kepuasan Terhadap Kinerja Jokowi Di Atas 50 Persen

Dalam kesempatan yang sama, Dubes Khan juga mengimbau para pengusaha Pakistan untuk terus mengeksplorasi peluang ekspor di Indonesia. Terutama, setelah diberlakukannya tarif nol persen terhadap 20 item produk Pakistan, pada 1 Maret 2019.

Dalam waktu dekat, pemerintah Pakistan juga akan memberlakukan e-paspor bagi warga Indonesia, untuk meningkatkan potensi pariwisata negaranya. "Warga Pakistan yang tinggal di Indonesia, mestinya juga ikut berperan aktif mengembangkan persahabatan kedua negara dalam berbagai aspek," ujar Dubes Khan.

Perayaan Hari Nasional Pakistan, juga turut dimeriahkan oleh pameran lukisan karya Rehana Usman dan lomba menulis dan melukis berjudul “Mera Pakistan" untuk anak-anak dari komunitas Pakistan di Indonesia. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.