Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bakal Hadiri Pelantikan Joe Biden

Lutfi Sudah Siapkan Rompi Anti Peluru...

Senin, 18 Januari 2021 07:20 WIB
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. (Foto: Dok. Kemendag)
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. (Foto: Dok. Kemendag)

 Sebelumnya 
Dia mencatat, pendekatan Trump lebih ke bilateral. sedangkan, Biden menggunakan pendekatan multilateral. Isu lingkungan dan Hak Asasi Manusia (HAM) menjadi sangat penting.

Lufti mengaku, Indonesia tidak ada masalah dengan Amerika, karena sama-sama negara demokrasi, menjunjung tinggi hukum, punya kebebasan ber bicara dan memilih. “Inilah poinpoin yang membuat kedua negara menjadi sahabat sejati karena persamaan karakter,” ujarnya.

Trump Menolak Hadir

Baca juga : Tekan Impor, Pemerintah Siapkan Insentif Proyek Hilirisasi Batubara

Berbeda dengan Lutfi, Trump tidak akan menghadiri pelantikan Joe Biden nanti. Trump akan meninggalkan gedung Putih di Washington DC, Rabu pada (20/1), beberapa jam sebelum pelantikan Biden digelar.

Trump menjadi Presiden AS pertama dalam waktu 1,5 abad terakhir yang tidak menya but, sekaligus tidak menghadiri pelantikan penggantinya.

Sebelumnya, John Adams juga tidak menghadiri inagurasi Thomas Jefferson pada 1801. Kemudian, John Quincy Adams tidak menghadiri inagurasi Andrew Jackson pada 1829. Lalu, Andrew Johnson tidak menghadiri inagurasi Ulysses S Grant pada 1869.

Baca juga : Biden Justru Senang

Trump menolak mematuhi tradisi dan berpartisipasi dalam upacara seremonial peralihan kepemimpinan. Taipan properti itu dikabarkan akan mengadakan upacara perpisahan dirinya di Pangkalan militer Andrews, Maryland, sebelum menjalani penerbangan terakhirnya dengan Air Force One, pesawat kepresidenan AS.

Ia diperkirakan langsung menuju rumahnya di Florida. sejak kekalahannya pada Pemilu 3 November lalu, Trump terus mencoba mendelegitimasi kemenangan Biden dengan tuduhan tak berdasar tentang penipuan pemilu secara masif.

Ujarannya pekan lalu memicu para pendukungnya menyerbu Capitol Hill yang berujung tewasnya lima orang. Hingga menjelang akhir pekan ini, Trump juga tidak menghubungi Biden untuk sekadar mengucapkan selamat.

Baca juga : Trump Nggak Bakal Hadir Di Pelantikan Joe Biden

Hal itu berbeda 180 derajat dengan Wakil Presiden Mike Pence. Dia telah berbicara dengan penggantinya, Kamala Harris, melalui sambungan telepon Kamis (14/1).

Tidak sekadar memberikan selamat, Pence juga menawarkan bantuan jika Harris memerlukan. Pence juga akan menghadiri pelantikan Biden. Biden dan Harris menyambut baik sikap Pence. Pada hari-hari terakhir masa jabatannya, Trump semakin terisolasi dan meninggalkan citra buruk. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.