Dark/Light Mode

Sederet Tugas Berat Menanti Presiden Baru Negeri Paman Sam

Biden Hadapi Kombinasi 1861 Dan 1933

Rabu, 20 Januari 2021 05:37 WIB
Joe Biden and Kamala Harris. (Foto : Justin Sullivan /Getty Images).
Joe Biden and Kamala Harris. (Foto : Justin Sullivan /Getty Images).

 Sebelumnya 
Melania juga berterima kasih kepada anggota militer dan penegak hukum. Namun ia tidak membahas kerusuhan di Capitol Hill, gedung parlemen AS, pada 6 Januari lalu yang dilakukan pen­dukung suaminya. Mantan model itu hanya mengungkapkan kekece­waaanya dan berkecil hati terhadap segala tindak kekerasan. Insiden itu menewaskan lima orang, termasuk seorang petugas polisi Capitol.

Dalam videonya itu, Melania mengajak warga AS untuk tetap bersemangat menjalankan aktivitas. Ia juga mengingatkan, kekerasan tidak pernah menjadi jawaban dan tidak akan pernah bisa dibenarkan.

Melania juga menyinggung pandemi virus Corona yang melonjak di Amerika Serikat, di mana lebih dari 24 juta kasus dan 398 ribu kematian telah dikonfirmasi. “Saya berterima kasih kepada se­mua perawat, dokter, profesional perawatan kesehatan, pekerja pabrik, supir truk, dan banyak lainnya yang bekerja demi me­nyelamatkan nyawa,” katanya.

Baca juga : Presiden Taiwan Ajak China Dialog

“Saya berduka untuk keluarga yang kehilangan orang yang di­cintai karena pandemi. Setiap ke­hidupan itu berharga,” ucap dia.

Ibu negara juga memuji ini­siatif “Be Best”, yang berfokus pada isu anak-anak, terutama kesehatan, keamanan online, dan penyalahgunaan opium. “Jangan melupakan integritas dan nilai-nilai anda. Ada setiap kesempatan untuk menunjukkan perhatian pada orang lain, dan membangun kebiasaan baik ke dalam kehidupan sehari-hari kita dalam segala situasi,” tuturnya.

Melania diberitakan akan men­jadi Ibu Negara pertama di era modern, yang tidak menyambut Ibu Negara yang baru, Jill Biden, untuk tur ke tempat tinggal pribadi di Gedung Putih. Hal ini dilakukan pula oleh suaminya, yang menolak menghadiri pelantikan Joe Biden.

Baca juga : Kalau PDIP Oke, Sama Saja Bunuh Diri Dong

Namun sepertinya itu bukan masalah besar bagi Biden. Sebab pelantikannya akan bertabur bin­tang. Komite Pelantikan Presiden (Presidential Inauguration Com­mittee/PIC) mengumumkan, pelan­tikan Biden-Harris akan dihadiri para artis mulai dari Lady Gaga, Jennifer Lopez, hingga Jon Bon Jovi. “Mereka termasuk di antara bintang-bintang yang akan tampil selama perayaan pelantikan Joe Biden,” bunyi pengumuman dari PIC, seperti dikutip dari USA To­day, kemarin.

Entertainer lainnnya yang sudah diumumkan akan tampil adalah Tom Hanks, Eva Longo­ria, Kerry Washington, Garth Brooks, Justin Timberlake, Demi Lovato, Ant Clemons, Bruce Springsteen, dan Foo Fighters.

Menurut The New York Times dan Deadline, Tom Hanks akan menjadi pembawa acara dalam pelantikan Biden. Eva Longo­ria dan Kerry Washington juga bakal terlibat. Sementara Lady Gaga bakal menyanyikan lagu kebangsaan Amerika Serikat “The Star-Spangled Banner.” Gaga sebe­lumnya juga berpengalaman saat ia menyanyikan lagu itu untuk pembu­kaan Super Bowl 50 pada 2016.

Baca juga : Hendardi: Pernyataan Presiden Dukungan Bagi Komnas HAM

Pelantikan Biden sebagai Presiden Amerika Serikat ke-46 bakal dilakukan siang hari Rabu, 20 Janu­ari 2021 waktu setempat. Sebagian besar acara pelantikan akan dilaku­kan secara virtual, karena pandemi Covid-19 dan ancaman keamanan setelah massa pro Trump menero­bos Gedung Capitol pekan lalu.

PIC akan menayangkan siaran khusus selama 90 menit berjudul ‘Celebrating America’ yang akan mengudara pada malam pelantikan. Acara ini menampilkan sambutan Biden dan Wakil Presiden terpilih, Kamala Harris, serta penghormatan kepada para korban dan pejuang penanganan Covid-19.

Acara pelantikan Joe Biden akan disiarkan langsung pada jam 20:30 waktu setempat di ABC, CBS, CNN, NBC dan MSNBC. Selain itu, juga akan disiarkan langsung di saluran media sosial PIC: YouTube, Face­book, Twitter dan Twitch; dan akan tersedia di Amazon Prime Video, Microsoft Bing, NewsNOW dari Fox, AT&T DirecTV dan U-verse. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.