Dark/Light Mode

Memperingati Hari Solidaritas Kashmir 5 Februari

Kami Menanti Peran Pro Aktif Indonesia

Sabtu, 6 Februari 2021 05:10 WIB
Duta Besar Duta Besar Republik Islam Pakistan, Muhammad Hassan di kantornya, di kawasan Mega Kuningan, Jakarta. (Foto : Rusma/Rakyat Merdeka/RM.id).
Duta Besar Duta Besar Republik Islam Pakistan, Muhammad Hassan di kantornya, di kawasan Mega Kuningan, Jakarta. (Foto : Rusma/Rakyat Merdeka/RM.id).

 Sebelumnya 
Kapan Hari Solidaritas Kashmir sebenarnya mulai diperingati?

Secara resmi, diperingati di seluruh dunia sejak 1990. Na­mun, hari itu memiliki makna sejarah yang penting. Pada tahun 1930-an, hari itu diperingati untuk mengekspresikan soli­daritas pada perjuangan Kashmir melawan penguasa Dogra yang otokratis, Maharaja Hari Singh. Pada dasarnya, itu dimulai dari Punjab yang tidak terbagi dan telah dirayakan sejak saat itu, dengan jeda di antaranya.

Baca juga : Pemerintah Berupaya Menjaga Ketersediaan Pangan Selama Pandemi

Sekarang, adalah hari untuk mengekspresikan solidaritas dengan orang-orang Kashmir dalam menghadapi agresi India. Hari ini akan terus menjadi penting sampai orang Kashmir men­capai tujuan hak mereka, untuk menentukan nasib sendiri.

Apakah ada kegiatan khusus yang biasanya dilakukan di Pakistan/ Kedutaan Pakistan di seluruh dunia, terkait dengan Hari Solidaritas Kashmir?

Baca juga : Industri Animasi Diminta Bantu Kampanyekan Pariwisata Indonesia

Warga Pakistan dan Kashmir yang tinggal di luar negeri juga mengadakan aksi unjuk rasa un­tuk mengekspresikan solidaritas dengan rakyat Kashmir. Hari itu juga diperingati oleh orang-orang di seluruh Pakistan dan Azad Jammu Kashmir (AJK). Prosesi publik dan doa khusus di masjid untuk Kashmir dan protes dilakukan terhadap penindasan India di Kashmir.

Pemandangan umum lainnya di Pakistan adalah pembentukan rantai manusia di semua rute utama menuju Azad Jammu dan Kashmir. Orang-orang berdiri berbaris dengan tangan tergeng­gam, membentuk rantai manusia di semua penyeberangan utama ke AJK dari Pakistan.

Baca juga : Naik, Manufaktur Indonesia Lampaui Vietnam Dan Thailand

Ini melambangkan persatuan dan solidaritas untuk meya­kinkan orang Kashmir, bahwa mereka tidak sendirian dalam perjuangan mereka untuk ke­bebasan.

Kedutaan besar Pakistan di seluruh dunia pun menyeleng­garakan acara dan pertemuan khusus untuk menarik perhatian komunitas dunia terhadap pen­dudukan illegal India di Kash­mir dan pelanggaran berat hak asasi manusia dan kebrutalan terhadap warga Kashmir yang tidak bersalah oleh pasukan keamanan India.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.