Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dialog Kairo Kelar, Haniyeh Ucapkan Selamat Kepada Abbas

Kamis, 11 Februari 2021 00:15 WIB
Ismail Haniyeh (kiri) dan Presiden Mahmoud Abbas [Foto: Reuters]
Ismail Haniyeh (kiri) dan Presiden Mahmoud Abbas [Foto: Reuters]

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Biro Politik Hamas, Ismail Haniyeh dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas saling mengucapkan selamat atas keberhasilan digelarnya Dialog Kairo pada Senin-Selasa (8-9/2/2021) lalu.

Demikian dikutip dari laman resmi Hamas, Rabu (10/2). Dalam panggilan telepon yang diprakarsai Haniyeh itu, keduanya sepakat bekerja sama untuk melaksanakan kesepakatan yang dicapai di Ibu Kota Mesir dan mengadakan pemilihan anggota parlemen, presiden, dan Dewan Nasional sesuai waktu yang disepakati.

Pimpinan Hamas ini menegaskan kembali tekadnya untuk mengakhiri perpecahan antar kelompok Palestina. Selanjutnya, untuk mencapai rekonsiliasi dan membangun sistem politik Palestina atas dasar pluralisme dan kemitraan di antara semua warga Palestina, baik di dalam dan di luar negeri. Serta juga memperkuat tindakan bersama Palestina dalam menghadapi pendudukan Israel.

Baca juga : Orient: Saya 100 WNI, Kasus Kewarganegaraan Sudah Ada Yang Urus

“Kami bertekad untuk terus maju dan menangani semua hal detail lainnya dengan semangat yang tinggi,” tambahnya.

Haniyeh pun menyampaikan terima kasihnya kepada Mesir, yang telah menjadi tuan rumah dialog nasional Palestina ini.

Hamas, Fatah, dan 12 organisasi lainnya bertemu untuk mencari titik temu dari berbagai perbedaan yang ada, serta menyusun rencana penyelenggaraan pemilihan umum di Palestina.

Baca juga : Biden Ancam Jatuhkan Sanksi Kepada Myanmar

Selama 15 tahun, tidak ada Pemilu yang digelar oleh Palestina di Tepi Barat, Gaza, dan Yerusalem Timur, karena perbedaan sikap antara Fatah dan Hamas.

Fatah yang mengendalikan Tepi Barat merupakan kelompok politik berpaham nasionalis yang mendukung Presiden Mahmoud Abbas, sementara Hamas yang menguasai Gaza merupakan kelompok oposisi pemerintah.

Dua faksi utama itu bertemu di Kairo, Senin (8/2) untuk mempersiapkan pemilihan anggota parlemen pada 22 Mei dan pemilihan presiden pada 31 Juli 2021.

Baca juga : Isu Kudeta Ketua Umum, Demokrat Surabaya Patuh Hasil Kongres Dan Setia Kepada AHY

Pernyataan pers bersama yang disiarkan pada akhir pertemuan, Selasa (9/2) mengatakan, dua faksi dan 12 kelompok lainnya, berjanji akan "mematuhi jadwal" pemilu dan "menghormati dan menerima" hasilnya. [RSM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.