Dark/Light Mode

Sembuh Dari Corona, Orang Tertua Di Eropa Rayakan Ultah Ke-117

Jumat, 12 Februari 2021 08:26 WIB
Suster Andre (Lucile Randon). [Foto: Agence France-Presse]
Suster Andre (Lucile Randon). [Foto: Agence France-Presse]

RM.id  Rakyat Merdeka - Orang tertua di Eropa, biarawati Prancis Suster Andre, merayakan ulang tahun ke-117, Kamis (11/2), seperti dikutip Reuters, dengan kue dan doa, setelah berhasil sembuh dari virus Corona beberapa pekan sebelumnya.

Suster Andre yang pernah melewati flu Spanyol lebih dari seabad lalu, mengatakan, hari ulang tahun ini membawa kebahagiaan untuknya. “Saya bertemu semua orang yang saya cintai dan berterima kasih kepada Tuhan karena memberikannya kepada saya," kata Lucile Randon, yang memilih nama Suster Andre ketika bergabung dengan ordo Katolik pada 1944.

Baca juga : Sebelum Rayakan HUT Ke-117, Orang Tertua Di Eropa Ini Sembuh Dari Covid

Setelah misa di kapel pribadi di panti jompo, Suster Andre duduk dengan tenang di kursi rodanya, tangannya tergenggam erat, saat dia menerima berkat dari uskup Toulon.

Pembatasan Covid-19 membuat keluarga tidak dapat mengunjungi biarawati tuna netra yang terus bersemangat ini. Kantor Presiden Emmanuel Macron termasuk di antara para penelepon yang mendoakannya.

Baca juga : Grab Dukung Pengiriman Usaha KulinerĀ 

Lahir pada 11 Februari 1904, Suster Andre telah menyaksikan dua pandemi global. Dia masih remaja ketika flu Spanyol melanda, diperkirakan menginfeksi sepertiga populasi dunia antara 1918 dan 1920.

Kakaknya menjadi salah satu dari setidaknya 50 juta korban meninggal selama pandemi itu. Namun Suster Andre malah selamat.

Baca juga : Supaya Anak Jalani Prokes, Orangtua Kudu Beri Contoh

Pada 16 Januari, dia dinyatakan positif terinfeksi virus Corona, tapi tidak menunjukkan gejala. "Tidak. Saya tidak takut, karena saya tidak takut mati. Saya senang bersama anda, tapi saya ingin berada di tempat lain - bergabung dengan kakak laki-laki saya dan kakek saya dan nenek saya," dia mengatakan kepada televisi Prancis, BFM TV.

Suster Andre adalah orang tertua kedua di dunia menurut Gerontology Research Group, setelah Kane Tanaka dari Jepang, yang berusia 118 tahun. [RSM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.