Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

China Bantah Minta Diplomat AS Jalankan Anal Swab Test

Kamis, 25 Februari 2021 19:55 WIB
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian (Foto: Getty Images)
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian (Foto: Getty Images)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Luar Negeri China membantah telah meminta diplomat AS, menjalankan anal swab test untuk memastikan tidak terjangkit Covid-19.

Bantahan ini disampaikan, menyusul maraknya laporan media yang mengungkap keluhan sejumlah diplomat AS terkait hal tersebut.

Dalam edisi Rabu (24/2), media AS Vice menyebut, seorang pejabat Kementerian Luar Negeri China mengatakan pelaksanaan tes tersebut keliru. Selain itu, pemerintah China juga disebut akan menyetop tes semacam itu untuk diplomat AS.

Baca juga : Andi Bilang Terima Kasih

"Sepanjang pengetahuan saya, pemerintah China tidak pernah meminta diplomat AS yang ditempatkan di Negeri Tirai Bambu, untuk melaksanakan anal swab test," ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian dalam konferensi pers di Beijing, seperti dilansir Reuters, Kamis (24/2).

Dalam pernyataan via email yang ditujukan kepada Reuters, perwakilan Kemenlu China mengatakan, pihaknya berkomitmen penuh terhadap keamanan dan keselamatan seluruh diplomat AS beserta keluarga di Negeri Tirai Bambu, serta tetap menjaga martabat mereka.

Sejumlah kota di China menerapkan anal swab test yang mengambil sampel dari anus, untuk mendeteksi potensi infeksi di tengah peningkatan skrining, dalam serangkaian wabah regional yang terjadi menjelang Tahun Baru Imlek, pada 12 Februari lalu.

Baca juga : Hamas Minta Saudi Segera Bebaskan Anggotanya

Anal swab test yang mengambil sampel dari tinja, dapat menguji potensi infeksi yang tidak terdeteksi dalam swab test biasa yang menguji sampel pangkal hidung dan tenggorokan.

"Dengan kata lain, anal swab test dapat mendeteksi virus Covid, yang mungkin saja tidak bertahan lama di saluran pernapasan," kata dokter ahli pernapasan Li Tongzeng di Beijing, dalam pernyataan yang disampaikan via Stasiun TV Pemerintah, pada Januari 2021.

Sementara itu, dalam makalah yang diterbitkan pada tahun lalu, para peneliti di Chinese University of Hong Kong berpendapat, tes feses  juga lebih efektif dalam menemukan infeksi pada anak-anak dan bayi. Alasannya, tinja mereka mengandung viral load yang lebih tinggi daripada orang dewasa. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.