Dark/Light Mode

Duta Besar Korea Selatan Untuk Indonesia Kim Chang-beom

Budaya Tradisional Tutup 100 Tahun Pergerakan 1 Maret

Senin, 8 April 2019 07:53 WIB
Penari pembuka menarik perhatian penonton. (Foto :  Istimewa).
Penari pembuka menarik perhatian penonton. (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Korea Selatan di Jakarta mengadakan pertunjukan musik dan tari tradisional di Balai Kartini, Sabtu (6/4). Suguhan itu sebagai penutup peringatan 100 Tahun Pergerakan 1 Maret dan Pembentukan Pemerintahan Sementara Korea.

Event itu bertema ‘The Land of Morning Calm – A Journey of Hundred Years’. Acara dimeriahkan para penari dan penyanyi dari Busan National Gukak Center.

Baca juga : Nggak Akan Lupa Perhatian RI Untuk Palestina

“Ini adalah acara pamungkas dalam memperingati 100 Tahun pergerakan 1 Maret. Kami senang bisa mengundang para pencinta budaya Korea ke acara ini,” ujar Duta Besar Korea Selatan Kim Chang-beom membuka acara. “Ini adalah kesempatan kami memperkenalkan beberapa hal baru kepada para tamu,” ujar Dubes Kim.

Ada berbagai stand yang mengajak para pengunjung mencoba permainan tradisional Korea, makanan jalanan, hingga kuis berhadiah. Bagi yang hobi foto- foto, ada juga booth foto yang menyewakan pakaian tradisional Korea kepada pengunjung.

Baca juga : Tarian dan Silat Meriahkan Sfax Children Book Fair

Pergerakan tersebut merupakan bagian penting sejarah Korea dalam melepaskan diri dari penjajahan Jepang. Peringatan ini menjadi salah satu hari besar nasional.

Sejak 100 tahun lalu para nenek moyang bangsa Korea telah menggunakan musik dan tarian tradisional sebagai kekuatan untuk melewati berbagai kesulitan, khususnya terhadap penjajahan Jepang, dan sampai sekarang menjadi warisan budaya.

Baca juga : Nikmati Keindahan Maluku Utara

Pertunjukan ini ingin menyampaikan pesan yang uni- versal yaitu perdamaian. Tarian istana Chunaengjon menjadi pertunjukan pembuka, yang merepresentasikan Burung Kepodang di musim semi.

Lalu berturut-turut tampil ensamble Sani, musik rakyat yang menggambarkan berbagai aspek kehidupan dan kegembiraan. Tarian Kipas, Tarian Sogo, Tarian Shaman Korea ‘Pangut’ dan lagu rakyat Korea yang terkenal ‘Arirang’ berhasil membuat pandangan penonton fokus ke panggung. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.