Dark/Light Mode

Dubes Desra: Isu All England Jangan Hambat Hubungan RI-Inggris

Jumat, 19 Maret 2021 09:05 WIB
Duta Besar RI untuk Inggris Raya dan Irlandia, Desra Percaya. [Foto: UN Photo/Eskinder Debebe]
Duta Besar RI untuk Inggris Raya dan Irlandia, Desra Percaya. [Foto: UN Photo/Eskinder Debebe]

 Sebelumnya 
Menyikapi isu ini, Desra telah berbicara dengan Kepala Departemen Asia Tenggara Kementerian Luar Negeri Inggris, Sarah Cooke, agar otoritas Inggris mempertimbangkan tiga opsi yang dapat dilakukan.

Pertama, segera melakukan tes usap PCR kepada tim Indonesia, yang hasilnya akan menunjukkan bisa atau tidaknya mereka untuk dapat melanjutkan kompetisi.

Baca juga : Kudeta Demokrat Bukti Buruknya Jaminan Keamanan Parpol

Kedua, menghentikan sementara turnamen All England agar seluruh tim peserta dapat menjalani isolasi mandiri karena para atlet dan pendukung tim Indonesia sudah berinteraksi dengan banyak negara selama lima hari pertama turnamen berlangsung.

“Jadi semua (tim) diberikan perlakuan yang sama, dan setelah (isolasi selama) 10 hari, dimulai lagi pertandingan itu. Ini seperti yang pernah dilakukan dalam (turnamen tenis) Australian Open di Melbourne,” tutur Desra.

Baca juga : Eks TKN Jokowi : Jangan Sampai Hukum Dan Demokrasi Berjalan Mundur

Selain opsi tersebut, Indonesia juga menawarkan opsi yang paling ekstrem, yaitu agar turnamen All England dihentikan sepenuhnya. Mengingat kepentingan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan seluruh atlet, termasuk atlet Indonesia. [RSM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.