Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

30 Diplomat Korut Bedol Desa Tinggalkan Malaysia

Senin, 22 Maret 2021 05:20 WIB
Kuasa Usaha Kedutaan Besar Korut Kim Yu Song, terlihat membawa koper menuju sebuah bus di depan kantor kedutaan di Kuala Lumpur, Malaysia, kemarin. (Foto : AP Photo/Vincent Thian).
Kuasa Usaha Kedutaan Besar Korut Kim Yu Song, terlihat membawa koper menuju sebuah bus di depan kantor kedutaan di Kuala Lumpur, Malaysia, kemarin. (Foto : AP Photo/Vincent Thian).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Korea Utara (Korut) di Kuala Lumpur, Malaysia, kini sudah kosong. Sekitar 30 diplomat bersama keluarganya bedol desa pulang kampung ke negaranya.

Hal itu dampak dari keputu­san kedua negara memutuskan hubungan diplomatik terkait kisruh ekstradisi tersangka kriminal asal negeri komunis itu ke Amerika Serikat (AS).

Baca juga : Erick Pede RI Mampu Salip Ekonomi Syariah Malaysia

Mengeluarkan pernyataan pers sebelum pergi, Kuasa Usaha Kim Yu Song mengancam, Pemerintah Malaysia akan me­nanggung akibat perbuatan lancangnya itu.

“Malaysia tunduk dan menjadi bagian dari konspirasi Amerika Serikat yang bertujuan mengi­solasi negara kami,” katanya dilansir The Star, kemarin.

Baca juga : Jokowi: Kartu Prakerja Sukses Tingkatkan Keterampilan Pekerja

“Otoritas Malaysia akhirnya menyerahkan warga kami kepada Amerika sehingga menghancur­kan dasar-dasar hubungan bilateral berdasarkan penghormatan kedaulatan,” sambungnya.

Kini Kantor Kedubes Korut di negeri jiran itu sepi. Pintu gerbangnya ditutup rantai besi. Bendera Korea Utara dan papan nama kedutaan telah dilepas. Sekitar 30 orang diplomat dan keluarganya meninggalkan kedubes dengan dua bus ke Bandara Internasional Kuala Lumpur. Mereka dijadwalkan menaiki penerbangan Shanghai Airlines ke Pudong, Shanghai, pukul 17.10 WIB.

Baca juga : Sedih Ketinggalan Belajar

Menurut keterangan pers, Jumat (19/3), Pemerintah Malaysia meminta Korut agar menutup kedutaan besarnya dalam tenggat waktu 48 jam. Langkah yang sa­ma juga dilakukan Kementerian Luar Negeri Malaysia. Pihaknya berencana menutup kedutaan besar di Pyongyang, Korea Utara yang sudah tak beroperasi sejak 2017.

Hubungan kedua negara itu memanas setelah adanya putusan Pengadilan Malaysia yang mengabulkan ekstradisi warga negara Korut, Mun Chol Myong, ke Amerika Serikat. Korut mengumumkan pemutu­san hubungan diplomati setelah langkah negeri jiran itu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.