Dark/Light Mode

Terapkan Prokes Ketat, Rangkaian Peringatan Hardiknas di Singapura Berlangsung Semarak

Rabu, 5 Mei 2021 22:58 WIB
Foto: Perayaan Hardiknas di Sekolah Indonesia Singapura. (Foto: Ist)
Foto: Perayaan Hardiknas di Sekolah Indonesia Singapura. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Kegiatan lain yang bertujuan untuk mengasah kemampuan akademik dan kemampuan menulis adalah lomba menulis bagi para pelajar Paket B dan C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) KBRI Singapura.

Enda menyebut, para peserta tersebut semuanya adalah pekerja migran Indonesia yang mempunyai semangat belajar tinggi.

"Dengan keterbatasan yang mereka miliki dan di antara waktu bekerja mereka sebagai Penata Laksana Rumah Tangga, semangat belajar yang mereka miliki ini sejalan dengan semangat Merdeka Belajar," ungkap Enda mengutip kalimat Ki Hajar Dewantara yang mengatakan, pendidikan untuk melahirkan insan yang berbudaya.

Berikutnya adalah lomba menulis dengan tema "Kenangan Indah Semasa Sekolah di Indonesia". Enda melihat, acara ini mampu memantik minat para pelajar Paket B dan C untuk mengekspresikan kenangannya melalui tulisan dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Baca juga : KBRI Moskow, Peringati Hardiknas Dengan Pemilihan Putra Putri Permira

Banyak di antara tulisan yang terkumpul menunjukkan kualitas kemampuan menulis yang luar biasa. Lomba menulis ini dimenangkan oleh tiga siswa Paket C, yakni Nadia, Menik Sugiati, dan Elly Yulnawati.

Kegiatan lain yang diselenggarakan KBRI di Singapura yaitu beberapa workshop yang bertujuan untuk memberikan motivasi, inspirasi dan meningkatkan pontensi serta kemampuan pelajar Indonesia di Singapura. Termasuk, guru-guru Sekolah Indonesia Singapura.

Acara ini juga menghadirkan narasumber inspiratif seperti Boris Syaifullah yaitu Presiden Direktur dan CEO PT BorSya Cipta Comunica yang juga seorang mantan PMI di Korea.

Lalu, ada Nurchaeti selaku Presiden Direktur CV NN International, pengembang usaha laundry dan eksportir kripik ke Timur Tengah, Eropa dan Asia, yang juga seorang mantan PMI Singapura dan Malaysia.

Baca juga : Terapkan Prokes Ketat, Gubernur Lampung Puji ASDP

Dengan berbagai kegiatan ini, diharapkan kemampuan dan keterampilan siswa, baik dalam bidang akademik maupun budaya seperti bahasa Indonesia, bisa terasah.

Tujuan lainnya, menginspirasi dan memotivasi peserta agar terus mengembangkan diri melalui pendidikan sepanjang hayat, sehingga dapat meningkatkan kualitas diri dan memahami tujuan hidup. "Yang tidak kalah penting adalah untuk memperkuat tali pengikat hubungan Indonesia-Singapura," tandas Enda. 

Upacara peringatan Hardiknas ditutup dengan pemotongan kue yang memperingati ulang tahun Sekolah Indonesia Singapura ke 53 tahun.

Seharusya, acara tersebut jatuh pada tanggal 20 Mei 2021. Tetapi untuk mengurangi kegiatan berkumpul di masa pandemi Covid-19, maka perayaan ulang tahun Sekolah Indonesia Singapura dimajukan peringatannya, jadi bersamaan dengan penyelenggaraan Hardiknas.

Baca juga : BI : Realisasi PEN Dorong Kebangkitan Ekonomi Di Tengah Pandemi

Sekolah Indonesia Singapura merupakan Sekolah Nasional Plus milik Pemerintah Indonesia yang terdaftar dalam Committee of Private Education-Singapura.

Sekolah Indonesia Singapura didirikan pada tahun 1969 yaitu dua tahun setelah terbentuknya hubungan diplomatik Indonesia-Singapura.  [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.