Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Berbagi Kegembiraan Lebaran Di Hongaria Dengan Opor Dan Ketupat

Kamis, 13 Mei 2021 19:10 WIB
Menikmati Lebaran di Hongaria. (Foto KBRI Budapest)
Menikmati Lebaran di Hongaria. (Foto KBRI Budapest)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perayaan Lebaran di Hongaria tetap ceria meski di tengan pandemi Covid-19. Warga Indonesia yang kangen kampung dapat mengobati rindunya karena kegiatan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Budapest.

"Terima kasih banyak atas kiriman opor, rendang dan ketupatnya,” demikian ucapan dari para mahasiswa/pelajar dan masyarakat Indonesia di Hongaria.

Mereka menerima bingkisan Lebaran yang dikirimkan oleh tim KBRI Budapest. ”Walaupun jauh dari tanah air, suasana Lebaran dan rasa kekeluargaan masih dapat kami rasakan,” ujar mereka terharu bercampur gembira.

Duta Besar AH Dimas Wahap menyapa WNI di Hongaria. (Foto KBRI Budapest)

Baca juga : Mengintip Kebebasan Pers Di Pakistan

”Untuk Lebaran tahun ini, sama seperti tahun sebelumnya. Pemerintah Hongaria masih memberlakukan pembatasan pergerakan sehingga belum dapat mengadakan Shalat Id dan Halal Bihalal bersama seluruh masyarakat di Hongaria,” terang Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Hongaria, AH Dimas Wahab, ketika menyapa via daring. 

Meskipun demikian, kebahagiaan Idul Fitri tetap dapat dirasakan oleh masyarakat Indonesia di Hongaria. Seminggu sebelum hari raya, KBRI Budapest mengirimkan paket kue-kue lebaran kepada masyarakat/mahasiswa/pelajar di berbagai kota dan daerah di Hongaria.

Kegiatan ini disandingkan dengan sosialiasi portal peduli serta safe travel. Sedangkan bingkisan opor , rendang dan ketupat lebaran didistribusikan tepat pada Idul Fitri yang dipusatkan di tiga lokasi yang telah disepakati bersama.

Tim KBRI Budapest membagikan bingkisan Lebaran. (Foto KBRI Budapest)

Baca juga : Perkuat Ketahanan Pangan, PUPR Bangun Jaringan Irigasi Kedua Di NTT

Sebelumnya, selama Ramadhan, KBRI Budapest aktif menyelenggarakan berbagai kegiatan keagamaan, walaupun dilaksanakan secara daring.

Setiap akhir pekan bersama-sama dengan PPI Hongaria mengadakan kegiatan bukber online atau buka puasa bersama secara daring yang diawali ceramah dengan topik-topik yang menarik.

Diakhir acara ketika sudah waktunya berbuka, setiap partisipan dipersilahkan mempresentasikan menu buka puasanya. Bagi menu yang menarik diberikan hadiah berupa voucher belanja. Bagi penanya terbaik juga mendapatkan hadiah yang sama.

Baca juga : FIFGroup Bagikan Bingkisan Lebaran Untuk Warga Dan Mitra

Selain itu bersama-sama dengan Perwakilan Indonesia di negara-negara Eropa Tengah dan Timur setiap akhir pekan juga mengadakan Ceramah Ramadan dengan pembicara kondang dari Tanah Air maupun luar negeri.

Antara lain Dr. Nasaruddin Umar, M.A (Imam Besar Masjid Istiqlal-Jakarta), Dr. Muhammad Shamsi Ali, L.c., M.A (Imam Masjid di New York), Dr. Muhammad Hasbi Zaenal, (Kepala Pusat Kajian Strategis BAZNAS) dan Bunda Devi, pengisi acara Cahaya Qalbu di TVRI.[MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.