Dark/Light Mode

Lawan Israel, Ini Permintaan Palestina Ke Indonesia

Senin, 17 Mei 2021 17:36 WIB
Dubes Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al-Shun.
Dubes Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al-Shun.

 Sebelumnya 
Menurut Kedubes Palestina, Gaza yang kini berada di bawah pengepungan permanen dan telah terputus dari hubungan dengan dunia selama 15 tahun, tengah menderita serangan yang terburuk, ribuan orang terluka, dan lebih dari 200 orang tewas, termasuk perempuan dan anak-anak.

“Semua ini terjadi di bawah penglihatan yang dekat dan ‘sangat khawatir’ dari komunitas internasional,” kata Kedubes Palestina.

Baca juga : H+2 Lebaran, 200.450 Kendaraan Balik Ke Jabodetabek

Bahkan, lanjut pernyataan itu, senjata-senjata dan teknologi pengawasan yang dibeli Israel telah diuji terhadap Palestina. “Ini waktunya untuk mengakui, jika sebuah negara yang terdiri secara mayoritas dari pengungsi, berada di bawah penjajah asing, dan terkungkung dalam pecahan-pecahan lahan yang terus mengecil dan berada di bawah ancaman permanen dari kelompok pemukim bersenjata, satu pihak tak bisa mempertahankan sikap netral”.

Karena itu, pemerintah Palestina mendesak komunitas internasional mengambil langkah yang diperlukan untuk membantu menghentikan pelanggaran-pelanggaran HAM dan tindak kriminal peperangan yang dilakukan Israel, termasuk kepada pemerintah Indonesia.

Baca juga : Ikaluin Bekasi Kutuk Israel Bombardir Palestina

Indonesia merupakan salah satu negara yang vokal menyuarakan dukungannya terhadap perjuangan Palestina dalam mewujudkan kemerdekaan dari pendudukan Israel.

Hal tersebut telah ditegaskan pemerintah, baik oleh Presiden Joko Widodo, maupun melalui Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi. "Keadilan harus tercipta bagi rakyat Palestina. Saya tekankan, Indonesia akan terus mendukung perjuangan Palestina," kata Menlu Retno, dalam konferensi pers virtual, membahas perkembangan pertemuan luar biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). [RSM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.