Dark/Light Mode

Lockdown Total Mulai 1 Juni

Warga Malaysia Nggak Boleh Ninggalin Rumah Lebih Dari 10 Km

Minggu, 30 Mei 2021 19:04 WIB
Polisi Malaysia berpatroli mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan. (Foto: AFP via Straits Times)
Polisi Malaysia berpatroli mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan. (Foto: AFP via Straits Times)

 Sebelumnya 
Ia meyakini, penutupan mayoritas kegiatan ekonomi itu akan mengurangi jumlah orang yang meninggalkan rumah untuk bekerja  dari 15 juta menjadi hanya 1,5 juta.

Untuk keperluan berobat, maksimal kapasitas dalam 1 mobil adalah 3 orang, termasuk pasien.

Baca juga : Kasus Positif Meroket Hingga 9.020, Warga Malaysia Nggak Sabar Pingin Lockdown

"Pergerakan dibatasi dalam radius 10 km. Namun, jika tidak ada layanan kesehatan dalam radius tersebut, maka pergerakan diperkenankan hingga ke wilayah terdekat dari kediaman," jelas Ismail, seperti dikutip Bernama.

Selama masa lockdown, aktivitas yang bersifat rekreasional non kontak boleh dilakukan secara individu, di ruang terbuka. Olahraga seperti jogging, diizinkan pada pukul 7 pagi hingga 8 malam.

Baca juga : Mulai 1 Juni, Malaysia Full Lockdown Selama 2 Pekan

Sedangkan pusat penitipan anak serta taman kanak-kanak, sekolah internasional dan ekspatriat, serta pusat pengembangan untuk anak usia 4-6 tahun, hanya dibolehkan untuk anak-anak yang orangtuanya menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid, dan rumah tangga dengan kedua orangtua bekerja. 

Kebijakan tersebut diambil, menyusul tingginya lonjakan kasus Covid di Malaysia, yang telah melampaui angka 9.000 dengan 98 angka kematian, pada Sabtu (29/5).

Baca juga : Warga Malaysia Ribut Penggunaan Kata Allah

Hari ini, jumlah kasus positif di Malaysia turun cukup drastis hingga menyentuh angka 6.999 dengan 79 angka kematian. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.