Dark/Light Mode

KBRI Den Haag Gemakan Diplomasi Budaya Ke Friends of Indonesia

Selasa, 1 Juni 2021 19:32 WIB
KBRI Den Haag Gemakan Diplomasi Budaya Ke Friends of Indonesia

RM.id  Rakyat Merdeka - Budaya Indonesia yang beragam menarik banyak keingintahuan banyak negara, contohnya adalah Belanda.

Menyadari potensi ini, Duta Besar Indonesia untuk Belanda Mayerfas aktif menjaga dan senantiasa melancarkan diplomasi budaya Indonesia di berbagai kesempatan.

Salah satu yang baru saja dilaksanakan adalah dengan melakukan dialog dengan “Friends of Indonesia” (FOI) pada 29 Mei kemarin di Utrecht.

Baca juga : Kuatkan Digitalisasi, 4 Perusahaan Ternama Ramaikan Smart City Indonesia

Pertemuan akhir pekan itu hanya diikuti 13 peserta demi memenuhi lrotokol kesehatan Negei Kincir Angin.

Para peserta merupakan alumni program Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) dan Darmasiswa serta mantan Miss Indonesische 2017 Belanda.

“Bagi saya, meskipun teman-teman adalah warga negara Belanda tapi kecintaan teman-teman pada Indonesia sudah cukup bagi saya untuk memanggil teman-teman sebagai orang Indonesia," ujar Dubes Mayerfas dalam keterangan resminya, Selasa (1/6).

Baca juga : Kushedya Hari Yudo: Kompak, Kunci Kemenangan Timnas Indonesia

“Mari bersama kita jaga kesehatan kita, khususnya di masa pandemi dan tetap menjaga kecintaan kita pada Indonesia,” tegasnya.

Pada pertemuan tersebut, para peserta antusias mempraktekkan Bahasa Indonesia yang telah mereka pelajari.

Peserta pertemuan yang hadir hari itu hingga kini masih aktif mempraktikkan bahasa, seni dan budaya Indonesia yang dulu pernah diterima semasa di Indonesia.

Baca juga : Dubes Jepang Serahkan Penghargaan Misi Diplomatik Luar Negeri

Beberapa diantaranya menjadi pengajar gamelan dan batik. Sebagian lainnya menyatakan akan kembali ke Indonesia setelah dimungkinkan untuk menempuh jenjang pendidikan master di beberapa universitas di Indonesia.

Lebih lanjut, mereka menyatakan kesiapannya untuk membantu mempromosikan nilai-nilai kebudayaan Indonesia baik secara virtual ataupun secara fisik setelah kondisi memungkinkan di Belanda. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.